ASN Maros Dilarang Pakai Sepatu Kets ke Kantor

1 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAROS — Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang mengenakan sepatu kets di Kantor. Larangan ini tertuang dalam surat edaran Bupati Maros, HM Hatta Rahman, dengan nomor 025/389/BKPPD tentang penggunaan seragam pakaian dinas Lingkup Pemerintah Kabupaten Maros.

Dalam edaran itu dijelaskan bahwa penggunaan sepatu kets hanya diperbolehkan saat berpakaian olahraga. Sementara waktu penggunaan pakaian dinas ASN lingkup Pemkab Maros Senin dan Selasa diwajibkan memakai pakaian dinas harian (PDH) warna khaki dengan atribut lengkap dan wajib menggunakan kaos kaki.

Khusus untuk hari Senin, bagi ASN pria menggunakan topi khaki lambang Korpri sedangkan bagi wanita berjilbab menggunakan jilbab warna khaki polos dan tidak bercorak.

Sementara hari Rabu, kata dia, memakai kemeja warna putih dengan atribut lengkap dan tidak boleh memakai celana atau rok berbahan jeans, celana legging, dan gamis bagi wanita.

Wajib menggunakan celana kain warna hitam bagi pria sedangkan wanita menggunakan jilbab warna hitam polos atau warna gelap.

Untuk hari Kamis memakai batik khas daerah Maros serta Jumat memakai pakaian olahraga atau batik khas Maros.

Bupati Maros,HM Hatta Rahman sebelumnya juga telah berkali-kali mengingatkan ASN khususnya wanita untuk memakai kaos kaki dan jilbab polos dengan warna senada dengan seragam yang berlaku pada hari itu.

“Untuk kaos kaki memang diharuskan, selain untuk kerapihan juga bagi wanita muslim kaki itu termasuk aurat,” katanya.

Sedang penggunaan jilbab, kata dia, untuk keseragaman dan keindahan.

“Karena ada juga pegawai yang seragamnya warna khaki tapi jilbabnya warna pink atau banyak motifnya sehingga terlihat mencolok,” ungkapnya.

Dia berharap ASN dapat memperhatikan dan menaati aturan termasuk tentang aturan seragam ASN. Menurutnya, disiplin tidak hanya tentang waktu datang ke kantor tetapi juga terkait pakaian yang digunakan.

Salah seorang ASN Maros yang terlihat memakai sepatu kets ke kantor mengatakan, dirinya memakai sepatu kets karena terkait mobilitas dan kenyamanan dalam bekerja. (rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...