Dosen UMI Latih Warga Hasilkan Santan Kelapa Sehat

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR— Tim PKM Universitas Muslim Indonesia membuat PKM Produksi HyCo atau Health Coco di Desa Kamiri Kecamatan Balusu Barru.

Tim PKM mengajarkan kepada masyarakat mengolah santan kelapa yang lebih modern dengan sistem tertutup, melatih para kelompok petani kelapa untuk memodifikasi mesin perasan kelapa menjadi lebih ekonomis dengan menggunakan bahan bakar yang mudah didapatkan (dari listrik menjadi gas).

Sukmawati dari LPKM UMI membeberkan tekniknya yakni dilakukan dua pengujian. Pertama setelah kelapa diparut menggunakan mesin gas lalu di masukkan ke dalam mesin pemeras tanpa air sehingga santan yang dihasilkan kental dan bisa bertahan tiga sampai empat jam tanpa pemisahan.

Teknik kedua yakni dilakukan pengeringan di mana setelah diparut kemudian kelapa di oven kurang lebih 30 menit dengan suhu 130 derajat Celcius, lalu tambahkan air perbandingan 1:1 setelah itu diperas menggunakan mesin pemeras kelapa.

“Hasilnya santan lebih putih, kental dan bisa bertahan kurang lebih enam jam dengan sedikit pemisahan,” terangnya.

Sukmawati menambahkan, target khusus yang ingin dicapai dari penerapan ipteks melalui pelatihan ini adalah terjadinya peningkatan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan mitra kelompok ibu rumah tangga (IRT) dalam pengolahan santan kelapa yang lebih berkualitas, sehat dan higienis dengan kemasan yang baik, dan mampu menghasilkan mesin perasan kelapa yang ekonomis serta mampu menerapkan manajemen keuangan dan strategi-strategi pemasaran yang sudah diperoleh dalam pelatihan. (ind)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...