Jelang Iduladha, Pertamina Amankan Pasokan Elpiji Bersubsidi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pertamina MOR VII Sulawesi, menggaransi pasokan elpiji jelang iduladha akan aman. Salah satu upayanya dengan menggelar operasi pasar.

Perusahaan plat merah itu sebelumnya telah memprediksi peningkatan konsumsi elpiji 3 kilogram di Sulsel. Dari konsumsi harian normal sebesar 21 ribu MT yang setara 7 juta tabung 3 kilogram, akan menjadi 22.143 MT per hari. Itu setara dengan 7,38 juta lebih tabung.

Pjs Unit Manager Communication & CSR, Ahad Rahedi, menerangkan, selain meningkatkan pasokan elpiji, Pertamina juga menggelar operasi pasar di beberapa wilayah di Sulawesi jelang Iduladha. “Kami lakukan 24 Juli lalu hingga 4 Agustus kemarin,” kata Ahad.

Ia merinci, Kota Makassar misalnya, untuk operasi pasar sudah didistribusikan sebanyak 6.160 tabung. Masing-masing kecamatan disalurkan sebanyak 560 tabung. seperti di Kecamatan Makassar, Panakkukang, Rappocini, Manggala, Mariso, Ujung Tanah, Biringkanaya, dan di Kecamatan Tamalate.

Sementara di Takalar sebanyak 560 tabung disebar melalui operasi pasar di Kecamatan Bajeng, serta Gowa juga disalurkan 560 tabung. Lalu untuk Kabupaten Soppeng, operasi pasar di tujuh kecamatan dengan alokasi sebesar 1.050 tabung elpiji 3 kilogram.

Ketika menemukan pangkalan yang terbukti melanggar, misalnya menjual di atas HET, menurut Ahad, masyarakat bisa langsung melaporkan ke call center Pertamina di nomor 135.

“Jika terbukti, kami pastikan agen atau pangkalan akan diberi sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku,” tegasnya.

Pihaknya juga telah berusaha menangani hal tersebut dengan membatasi distribusi gas elpiji 3 kilogram dari pangkalan ke pengecer, guna menghindari harga yang melonjak karena peran spekulan.

“Itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar membeli langsung ke pangkalan,” kuncinya. (tam)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...