Narapidana Lapas Polewali Antusias Belajar Bahasa Inggris

0 Komentar

Fajar.co.id, Polewali — Lembaga Pemasyarakatan tak hanya sebagai tempat narapidana menjalani masa pidana tetapi juga tempat narapidana diajarkan ilmu terapan, keterampilan, dan pengetahuan.

Lapas atau rutan yang indetik dengan kekerasan, perlahan pudar dengan sistem pemasyarakatan yang dibangun yang tujuannya mempersiapkan narapidana kembali ke masyarakat.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Polewali sebagai UPT terbesar di Sulbar terus berinovasi dalam melakukan pembinaan terhadap warga binaan pemasyarakatan.

Melalui program literasi boyang malaqbi, Lapas Polewali mengedepankan WBP belajar pengetahuan umum seperti layaknya dibangku sekolah maupun kuliah.

Program literasi ini dibagi kedalam berbagai kelas, seperti kelas baca-tulis bagi warga binaan yang belum tahu membaca dan menulis. Ada kelas sejarah dan budaya bagi warga binaan peminat hal tersebut. Dan terdapat pula kelas bahasa yang memuat warga binaan yang tertarik belajar bahasa asing.

Sebanyak 28 orang warga binaan terlihat antusias dan bersemangat dalam kelas bahasa inggris yang dilaksanakan pada Rabu pagi (7/8/2019).

Warga binaan terlihat serius mengikuti setiap ilmu yang disampaikan oleh instruktur yang merupakan pegawai lapas polewali sendiri yakni Kasubsi Registrasi dan Bimkemas, Asriani Dermawan dan Luberti Toding

“Saya sangat senang sebab bisa belajar kembali meskipun dalam Lapas, semoga setiap kelas yang saya ikuti dapat menambah ilmu saya selama di sini,” ujar Chaca salah seorang warga binaan.

Pelaksana Harian Kepala Lapas Polewali, I Wayan Nurasta Wibawa, mengatakan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan di Lapas.

“Setiap kelas yang ada di program literasi boyang malaqbi ini tujuannya sama yaitu membina warga binaan dan memberikan ilmu  pengetahuan kepada warga binaan agar setelah dari sini (Lapas) punya bekal pengetahuan dan kemampuan guna kembali ke masyarakat,” kata I Wayan.

Program Literasi Boyang Malaqbi akan terus dilaksanakan di Perpustakaan Lapas Polewali dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Kasubsi Registrasi dan Bimkemas Lapas. Dan diharapkan seluruh warga binaan dapat mengikuti program ini dengan tertib dan tekun. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...