Sayuran Sehat, Jangan Remehkan 5 Jenis Ini

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Ketika Anda memikirkan sayuran sehat, apa yang pertama kali muncul di benak Anda? Kubis? Brokoli? Atau makanan super trendi lainnya?

Nah, apapun yang tebersit di pikiran Anda, jangan meremehkan manfaat dari beberapa sayuran sehat ini, seperti dilansir laman Care2, Selasa (6/8).

1. Bit

Dalam hal sayuran akar yang sehat, bit sulit dikalahkan. Secangkir bit mengandung sekitar 58 kalori, 4 gram serat, 11 persen dari asupan vitamin C harian yang direkomendasikan dan 37 persen folat.

Bit juga merupakan sumber zat besi, magnesium, mangan, dan kalium yang sangat baik.

Di antara banyak manfaat kesehatannya, bit bisa membantu menurunkan tekanan darah - berkat tingkat nitratnya yang tinggi, yang bekerja di dalam tubuh untuk melemaskan pembuluh darah, menurut Harvard Medical School.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa bit memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi, yang mungkin membuatnya bermanfaat terhadap penyakit radang dan bahkan kanker.

2. Tumbuhan Bruseel

Kecambah brussel mungkin mendapatkan representasi buruk di dunia sayuran sehat karena rasanya yang kuat. Tetapi mereka tentu saja mendapat tempat dalam makanan bergizi.

Secangkir kecambah Brussel rebus mengandung sekitar 56 kalori dengan 4 gram serat, 24 persen dari asupan vitamin A harian Anda, 162 persen vitamin C dan sejumlah besar 274 persen vitamin K.

Plus, secangkir kecambah ini mengandung sekitar 6 persen asupan kalsium harian Anda, 10 persen zat besi, 14 persen kalium dan 18 persen mangan - di antara nutrisi lainnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...