Sayuran Sehat, Jangan Remehkan 5 Jenis Ini

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketika Anda memikirkan sayuran sehat, apa yang pertama kali muncul di benak Anda? Kubis? Brokoli? Atau makanan super trendi lainnya?

Nah, apapun yang tebersit di pikiran Anda, jangan meremehkan manfaat dari beberapa sayuran sehat ini, seperti dilansir laman Care2, Selasa (6/8).

1. Bit

Dalam hal sayuran akar yang sehat, bit sulit dikalahkan. Secangkir bit mengandung sekitar 58 kalori, 4 gram serat, 11 persen dari asupan vitamin C harian yang direkomendasikan dan 37 persen folat.

Bit juga merupakan sumber zat besi, magnesium, mangan, dan kalium yang sangat baik.

Di antara banyak manfaat kesehatannya, bit bisa membantu menurunkan tekanan darah – berkat tingkat nitratnya yang tinggi, yang bekerja di dalam tubuh untuk melemaskan pembuluh darah, menurut Harvard Medical School.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa bit memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi, yang mungkin membuatnya bermanfaat terhadap penyakit radang dan bahkan kanker.

2. Tumbuhan Bruseel

Kecambah brussel mungkin mendapatkan representasi buruk di dunia sayuran sehat karena rasanya yang kuat. Tetapi mereka tentu saja mendapat tempat dalam makanan bergizi.

Secangkir kecambah Brussel rebus mengandung sekitar 56 kalori dengan 4 gram serat, 24 persen dari asupan vitamin A harian Anda, 162 persen vitamin C dan sejumlah besar 274 persen vitamin K.

Plus, secangkir kecambah ini mengandung sekitar 6 persen asupan kalsium harian Anda, 10 persen zat besi, 14 persen kalium dan 18 persen mangan – di antara nutrisi lainnya.

Menurut Healthline, kubis Brussel mengandung antioksidan yang bisa melindungi tubuh terhadap kanker, mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Mereka juga “salah satu sumber tanaman terbaik dari asam lemak omega-3,” yang bisa mengurangi peradangan dan trigliserida darah, serta memperlambat penurunan kognitif.

3. Cabbage

Secangkir kol cacah memang hanya mengandung sekitar 22 kalori tetapi mereka juga mengandung beberapa vitamin dan mineral – termasuk 54 persen dari asupan vitamin C harian yang direkomendasikan, 85 persen vitamin K, 10 persen folat dan 7 persen mangan.

Khasiat dalam kol bisa membantu peradangan kronis, menjaga sistem pencernaan tetap sehat, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Plus, beberapa penelitian telah menghubungkan sayuran silangan – termasuk kol – dengan risiko kanker yang lebih rendah.

AGI Apresiasi PLN Segera Atasi Pemadaman

Elma Theana Ungkap Keluarga Fairuz Tak Ingin Kasi Kendor

Jennifer Dunn Dicap Pelakor, Dhawiya: Dia Rajin Tahajud di Sel

DPP Golkar Pede Dapat Restu PDIP Duduki Ketua MPR

Keistimewaan Selasa di Mata Mbah Meon

4. Cauliflower

Secangkir kembang kol mentah memang hanya mengandung sekitar 25 kalori. Tapi juga mengandun 3 gram serat, 77 persen asupan vitamin C harian Anda, 20 persen vitamin K, 11 persen vitamin B6, 14 persen folat, 9 persen potasium, dan 8 persen mangan.

Plus, kembang kol penuh dengan antioksidan, yang bisa membantu melindungi tubuh Anda dari kanker dan penyakit lainnya, dan juga tinggi kolin, nutrisi yang bekerja di seluruh tubuh untuk menjaga sel-sel berfungsi dan mencegah penyakit.

5. Bawang Merah

Secangkir bawang cincang – bukan berarti Anda mungkin makan sebanyak itu dalam sekali duduk – mengandung 64 kalori dengan 3 gram serat, 20 persen dari asupan vitamin C harian Anda, 10 persen vitamin B6, 8 persen folat, 7 persen kalium dan 10 persen mangan.

Bawang penuh dengan antioksidan dan senyawa lain yang bisa meningkatkan kesehatan jantung dan melawan kanker. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...