Aroma Gerindra Kental di Kongres PDIP V Bali

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kongres V PDIP di Bali dinilai kental dengan aroma Gerindra. Indikasinya dilihat dari tema kongres kali ini.

Analis politik, Hendri Satrio menilai rencana Prabowo Subianto menghadiri pembukaan Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Bali, Kamis (8/8) siang menguatkan isyarat bahwa Partai Gerindra bakal masuk ke barisan koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Isyarat itu juga diperkuat dengan aroma Gerindra yang tampak pada tema Kongres V PDIP. “Lihat saja topiknya, Solid Bergerak Untuk Indonesia Raya. Mirip topik Gerindra banget, Indonesia Raya,” kata Hendri, Kamis (8/8).

Seperti diketahui, Prabowo yang menjadi penantang Jokowi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 berencana memenuhi undangan PDIP yang akan berkongres di Bali mulai hari ini hingga lusa (10/8).

Prabowo akan didampingi dua wakil ketua umum Gerindra, yakni Edhy Prabowo dan Sugiono untuk menghadiri pembukaan kongres partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu.

Menurut Hendri, jika akhirnya Gerindra bergabung dengan koalisi pendukung Jokowi yang dipimpin PDIP, hal itu merupakan sesuatu yang positif.

“Memang makin dekat sih koalisi ini terjadi demi Indonesia katanya, bagus menurut saya,” ujar pendiri Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) itu.

Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra, Andre Rosiade menyebut partainya belum menentukan sikap bergabung ke barisan pemerintahan atau menjadi kubu oposan.

Seni Kentongan Akan Meriahkan Penutupan TMMD Kalikondang

Industri Manufaktur Dorong Laju Pertumbuhan Ekonomi

Barbie Kumalasari: Tolong Jangan Bawa Handphone

MK Perintahkan KPU Gelar Perhitungan Ulang di Surabaya

Tangan Kanan Anggota DPR RI Ditangkap KPK, Ini Kasusnya

Menurut dia, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang menentukan arah politik partai setelah Pilpres 2019.

“Tinggal tunggu, nih, Pak Prabowo memutuskan dan mengambil keputusan apa, di dalam apa di luar, itu belum diputuskan,” ucap Andre ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (7/8).

Andre menerangkan, keputusan terbaru yang dibuat Prabowo, berkaitan dengan kehadirannya di Kongres PDI Perjuangan, Bali, Kamis (8/8). Prabowo hadir ke kongres untuk menghormati undangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Sampai Senin belum ada keputusan apa-apa. Jadi, yang ada itu keputusan Pak Prabowo mau pergi ke Bali,” ucap dia.

Meski Gerindra belum menentukan sikap, belakangan berembus rumor bahwa Prabowo bakal menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Saat disinggung hal itu, Andre tidak menjawab pasti. “Rumornya begitu, nanti dilihat saja, benar atau tidak,” pungkas dia. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...