Calon Hakim Adhoc, KY Loloskan 23 Orang

Kamis, 8 Agustus 2019 - 13:21 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Sebanyak 23 calon hakim adhoc dinyatakan lulus seleksi kualitas oleh Komisi Yudisial (KY). Mereka yang lulus seleksi terdiri dari tujuh orang calon hakim adhoc Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dan 16 calon hakim ad hoc Hubungan Industrial untuk Mahkamah Agung (MA).

Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY, Aidul Fitriciada Azhari menyampaikan, seleksi hakim adhoc pada MA dilakukan guna memenuhi tiga orang hakim adhoc Tindak Pidana Korupsi. Sedangkan untuk hakim adhoc Hubungan Industrial MA dibutuhkan enam orang.

Bila diperinci berdasarkan profesi, para calon hakim adhoc Tipikor pada MA merupakan satu orang akademisi dan enam orang hakim adhoc.

Pemkab Gowa Gelar Ramah Tamah Bersama Perintis Kemerdekaan

SPG Cantik Dibunuh Teman Kencang Setelah Desah-desahan

Mau Dipolisikan oleh Mantan Wali Kota Makassar, Sugali: Ashiaaap, Lapor Saja Bro, Siapa Takut

Korupsi Dana Hibah Pilwalkot Makassar, Polda Sulsel Segera Lengkapi Permintaan JPU

Rektor Asing, JK Tawarkan Jalan Tengah Sebatas Dekan

”Sementara para calon hakim adhoc Hubungan Industrial terdiri dari empat orang advokat, sembilan orang hakim adhoc, dan tiga orang berprofesi lainnya,” kata Aidul melalui keterangannya, Kamis (8/8).

Sedangkan, berdasarkan tingkat pendidikan, para calon hakim Tipikor pada MA pun beragam. Yaitu sebanyak satu orang bergelar sarjana, satu orang bergelar master, dan lima orang bergelar doktor.

Sementara para calon hakim Hubungan Industrial pada MA terdiri dari empat orang bergelar sarjana, 11 orang bergelar master, dan satu orang bergelar doktor.

Selanjutnya calon yang dinyatakan lulus Seleksi Kualitas akan mengikuti seleksi kesehatan dan kepribadian pada minggu ketiga September 2019. (jp)

Loading...