Ini Hasil KKN PPM Dikti Breakwater Terendam Pulau Lamputang Unhas

Kamis, 8 Agustus 2019 - 16:28 WIB
IST

FAJAR.CO.ID, PANGKEP — Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM Dikti Breakwater Terendam Pulau Lamputang memasuki tahap akhir. Peserta KKN menggelar seminar di SMP 14 Satap Pulau Lamputang.

Seminar hasil di hadiri oleh Kepala Susun, Kepala Desa, Camat serta warga setempat. Mahasiswa yang telah di tempatkan di Pulau Lamputang Desa Mattiro Dolangeng Kecamatan Liukang Tuppabiring Kabupaten Pangkep memaparkan program kerja (proker) yang telah dilaksanakan selama 37 hari.

KKN PPM Dikti Breakwater memiliki program kerja utama yaitu Pembuatan breakwater, pembuatan bak sampah, pemasangan plang dan penyuluhan tentang abrasi, selain proker utama ada beberapa proker tambahan dibidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

Kepala Desa Lamputang, Kaharuddin, berharap proker yang dibawakan mahasiswa dapat berkelanjutan dan dapat bermanfaat bagi Pulau Lamputang.

“Saya berharap dengan datangnya Mahasiswa dari Unhas ini dapat memberikan manfaat bagi pulau lamputang dan mudah-mudahan dapat berkelanjutan,” ujarnya, Kamis (8/8/2019).

Adapun selama pelaksanaan proker terutama pembuatan breakwater menurut Eng Firman Husein mengungkapkan Pulau Lamputang dipilih sebagai lokasi KKN masalah abrasi dan sebelumnya sudah ada kegiatan mahasiswa di pulau tersebut. Pulau Lamputang sendiri sudah dikenal dibandingkan dengan pulau yang lain di Kecamatam Liukang Tuppabiring.

“Untuk pendanaannya sendiri ditanggung Dikti. Saya berharap dengan pembuatan breakwater dapat menjadi contoh bagi Pemerintah daerah (Pemda) Pangkep. Mahasiswa sendiri telah mengerjakan proker dengan tulus serta bekerja keras,” ujarnya. (edo)

loading...