Jangan Pasang Behel dari Sembarang Orang, Ini Akibat Buruknya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Banyak yang memasang behel atau kawat gigi tidak pada ahlinya. Hal ini bisa menyebabkan gigi menjadi rusak.

Spesialis Ortodonti, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unhas, drg Ardiansyah S Pawinru SpOrt(K) mengatakan, pemasangan behel pada bukan ahlinya akan membuat pemasangan behel tidak tepat yang mengakibatkan pengrusakan pada gigi ketika tekanan pada saat pemasangan terlalu kuat.

Kerusakan akar gigi pun akan terjadi karena asal memasang behel yang mengkibatkan gigi menjadi lepas.

Selian itu, bracket behel yang dipasang biasanya tak berkualitas, maka akan menimbulkan karies gigi, susah makan bahkan bisa tertelan. Apalagi jika perawatan tak baik, justru membuat posisi gigi dan rahang menjadi tidak normal.

“Makanya, pasang behel itu hanya bisa dilakukan spesialis ortodonti,” terangnya.

Penggunaan behel sendiri bukan digunakan asal. Namun, sangat dibutuhkan bagi pasien yang mengalami maloklusi atau gigi yang berantakan. Jika tidak dilakukan, maka dapat merusak sendi.

Kasus maloklusi yang tidak ditangani bisa membuat sistem sendi bermasalah, lama kelamaan akan terjadi permasalahan pada tulang di rahang dan akhirnya akan timbul rasa sakit. Dalam jangka panjang akan mengganggu saraf yang menyebabkan sakit yang menjalar ke telinga, mata, hidung, dan dada.

Masalah lain tentunya akan membuat bentuk wajah menjadi tidak simetris, “Kita analogikan dengan pintu, kalau miring tidak sesuai posisi normalnya pasti akan bunyi,” ujarnya.

Dokter yang berpraktik di Dentamedica ini menyarankan pada pengguna behel sebaiknya rutin dan cermat dalam membersihkan gigi agar tidak menyebabkan kerusakan gigi dengan menggunakan sikat gigi khusus dan disikat dengan gerakan lurus dan tidak menekan kuat.
Selain itu, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan keras. Bila ingin mengonsumsi buah atau daging dengan tekstur cukup keras sebaiknya dipotong tipis dahulu. Makanan keras akan membuat bracket lepas. (ind)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...