Bosowa School Makassar Manfaatkan Sampah Daur Ulang Jadi Uang

Jumat, 9 Agustus 2019 - 19:22 WIB
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sebagai bentuk peduli lingkungan, Bosowa School Makassar bekerja sama dengan Mall Sampah mengadakan “Recycling Day”, Jumat, 9 Agustus 2019.

Bosowa School Makassar sebagai sekolah pertama yang mengawali program sosialisasi aplikasi Mall Sampah yaitu layanan pengelola sampah online di Kota Makassar. Kegiatan ini diawali dengan pengenalan jenis-jenis sampah yang dapat didaur ulang dan bagaimana cara mengelolanya dengan baik.

Owner Mall Sampah, Adi Syaifullah, mengatakan bahwa Recycling Day ini bertujuan untuk mengedukasi siswa akan potensi ekonomi yang dapat diperoleh dengan mengumpulkan dan menukarkan sampah daur ulang di Mall Sampah.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi Mall Sampah, siswa juga telah turut membantu menyejahterakan pengepul atau kolektor lokal yang bekerja untuk mengumpulkan sampah.

Guru konseling Bosowa School, Mudrikah, menambahkan bahwa kegiatan ini diadakan bersamaan dengan program kerja bakti untuk membangun kesadaran sejak dini bahwa sampah yang siswa kumpulkan jika dikelola dengan cerdas dapat memiliki banyak manfaat.

Setelah itu, siswa mengklasifikasikan sampah-sampah sesuai jenisnya, yaitu plastik, aneka logam, kertas, botol kaca, dan elektronik yang kemudian dibeli oleh pengepul sampah.

“Melalui kegiatan ini saya mengetahui, daripada sampah yang ada hanya terbuang sisa-sia, mending dimanfaatkan bisa jadi uang,” ucap Andi Saswin, siswa Bosowa School Makassar. (rls)

loading...