Jus Seledri Bisa Bikin Kulit Semakin Mulus

FAJAR.CO.ID-- Pernah mencoba jus seledri? Mereka yang doyan dengan jus dari sayuran yang beraroma segar ini percaya bisa bikin kulit mulus, lo!

Dilansir dari Skininc.com, tren minum jus seledri bermula saat sebuah kanal kesehatan mempromosikan bahwa minuman tersebut mampu menyembuhkan eksim. Tak heran, banyak orang yang kemudian berbondong-bondong mengonsumsi jus seledri yang kaya akan antioksidan.

Manfaat minum jus seledri

Jus seledri mengandung vitamin A, vitamin K, dan vitamin C. Selain itu, seledri juga mengandung beta karoten, flavonoid, fitonutrien, dan nutrisi-nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tak hanya itu, kalori dari jus seledri juga tegolong kecil. Jus seledri bahkan dipercaya mampu mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi dan radang sendi. Hal itu pun lantas dibenarkan oleh dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc MSc dari KlikDokter.

Faktanya, seledri mengandung antioksidan bernama apigenin dan luteonin. Kedua zat tersebut terbukti mampu menurunkan peradangan dan mengatasi beberapa penyakit, seperti nyeri sendi, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi. Penelitian tahun 2017 bahkan menemukan bahwa apigenin dan luteonin dalam seledri mampu secara signifikan menekan peradangan paru dan saluran pernapasan pada hewan percobaan.

Tak berhenti di situ, ada pula penelitian yang menelaah soal fungsi dari apigenin dalam meredakan radang sendi pada hewan percobaan. Hasil penelitian menunjukkan, hewan percobaan yang terpapar zat apigenin ternyata mengalami peradangan jaringan yang lebih sedikit ketimbang hewan yang tidak terpapar zat itu sama sekali.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...