Tubuh Gemuk, Ini Penyebab yang Perlu Anda Ketahui

FAJAR.CO.ID-- Menjamurnya bisnis kuliner dan minuman dengan aplikasi, tanpa disadari justru rentan membuat orang jadi lebih mudah tubuh gemuk.

Di tengah segala kehebohan perkulineran tanah air, mungkin Anda bisa mengamati dua tipe orang. Ada orang yang makan apa saja tetapi tetap langsing. Namun ada pula mereka yang sudah diet mati-matian, namun tetap gemuk.

Apakah itu memang sudah nasib, atau ada penyebab lain yang menyebabkan sebagian orang tertentu menjadi mudah gemuk?

Pengaruh perilaku, lingkungan dan genetik Hampir semua orang mengetahui bahwa berat badan terutama dipengaruhi oleh pola makan dan olahraga. Hal ini berkaitan dengan berapa jumlah kalori, lemak, dan gula yang dikonsumsi, serta seberapa sering Anda membakar kalori dengan berolahraga.

Singkatnya, berat badan adalah hasil dari berapa banyak kalori yang kita masukkan dan keluarkan. Apabila Anda mengonsumsi makanan tinggi kalori, maka kelebihan kalori tersebut akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak.

Namun, apabila Anda rutin berolahraga setidaknya 30 menit per sesi, tubuh akan membakar lemak tersebut tergantung dari berat ringan dan durasi olahraga yang dilakukan.

Namun demikian, selain faktor perilaku dan lingkungan tersebut, tidak banyak orang mengetahui bahwa faktor genetik juga ikut berperan. Hal ini berawal dari kehidupan nenek moyang sejak zaman purba kala.

Sebelum hidup dengan bercocok tanam, masyarakat menggantungkan hidup dengan berburu. Apabila berhasil mendapatkan binatang buruan, maka mereka dapat makan hingga kenyang. Namun jika tidak berhasil, maka mereka harus kelaparan dan berpuasa selama beberapa saat.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...