Ahli Gizi Soal Bungkus Daging Kurban dengan Plastik

FAJAR.CO.ID--Ahli Gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Hardinsyah menjelaskan penggunaan kantong plastik untuk membungkus daging kurban tak masalah asalkan dengan catatan.

Panitia pemotongan hewan kurban saat Iduladha membagikan daging kambing dengan dibungkus kantong plastik. Kantong plastiknya biasanya berwarna-warni seperti merah, biru, hitam, putih, atau hijau. Akan tetapi ada kekhawatiran bahwa daging kambing jangan dibungkus dengan plastik.

Ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi) itu menyarankan agar pembagian daging kurban sebaiknya menggunakan besek untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Jika terpaksa menggunakan kantong plastik, gunakanlah yang berkualitas baik atau yang tidak berbau menyengat.

“Pakai kresek bersih sih enggak apa-apa. Asal jangan pakai plastik yang kalau tercium baunya enggak enak. Dari sisi lingkungan juga sebaiknya jangan pakai plastik,” jelas Hardinsyah kepada JawaPos.com, Sabtu (10/8).

Maka sebaiknya panitia hewan kurban disarankan untuk tidak membagikan daging kambing dengan kantong plastik. Jika memang bisa diganti dengan wadah lainnya lebih baik.

“Bisa pakai daun atau besek bambu, Kalau jenis plastik yang tercemar enggak aman. Karena daging kan sentuhan langsung dengan plastik. Beda dengan makanan kaleng kemasan, karena sudah dikemas. Sebaiknya dihindari,” katanya.

Pelaksanaan Salat Iduladha di Kampus Unifa Makassar

Sapi Kurban di Kampus Unifa dan PWI Sulsel

Masjid Cheng Hoo Hertasning Kurban11 Sapi, 9 Kambing

Jeirry Sumampow Sampaikan Catatan-catan Calon Menteri

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah

Comment

Loading...