Cara Kontrol Kadar Asam Urat yang Tepat

FAJAR.CO.ID -- Kadar asam urat dalam darah yang tinggi dapat menimbulkan gejala peradangan pada sendi yang sering disebut dengan gout arthritis. Ketika mengalami serangan, akan menimbulkan nyeri pada sendi, khususnya pada ibu jari kaki. Itu sebabnya menurunkan kadar asam urat harus diupayakan.

Ketika mengalami peningkatan kadar asam urat, dokter yang menangani akan memberikan obat untuk mengatasinya. Selain itu, terdapat beberapa tips yang dapat diterapkan untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Cara mengontrol kadar asam urat dalam darah Asam urat dalam darah dapat dikendalikan dengan konsumsi obat, namun keberhasilannya akan sangat dipengaruhi oleh pola hidup orang tersebut.

Baik dengan menjaga pola makan maupun perubahan pola hidup, menerapkan beberapa tips berikut dapat sangat membantu keberhasilan mengontrol asam urat.

1. Batasi konsumsi makanan tinggi purin

Kandungan purin dalam tubuh akan dipecah, sehingga memperoleh produk berupa asam urat di dalam darah. Ketika konsumsi makanan tinggi purin, akan sangat memengaruhi kadar asam urat dalam darah, sehingga terjadi peningkatan yang dapat menimbulkan gejala asam urat.

Oleh karena itu, sangatlah penting membatasi konsumsi makanan tinggi purin, seperti:

Jeroan, termasuk hati, otak, paru dan usus Makanan laut, termasuk ikan laut, kerang, udang dan kepiting Daging Minuman beralkohol Minuman tinggi gula.

2. Tingkatkan konsumsi makanan rendah purin

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...