100 Napi Rutan Mamuju Dapat Remisi HUT Kemerdekaan RI

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Sebanyak 100 dari 135 total narapidana (Napi) binaan di Rumah Tahanan Klas IIB Mamuju, Sulbar mendapat remisi umum menyambut Hari Kemerdekaan RI. Pengurangan hukuman ini bervariasi antara satu hingga lima bulan.

Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Klas II B Mamuju, Ardhi Mahardika merincikan, sebanyak 32 orang mendapat remisi satu bulan, 26 orang mendapat remisi dua bulan.

Selanjutnya 28 orang napi mendapat remisi tiga bulan dan 10 orang mendapat remisi empat bulan. Sedangkan tiga orang napi mendapat remisi lima bulan.

“Remisi umum langsung bebas hanya satu orang,” katanya ditemui di ruangannya, Senin, 12 Agustus.

Ardhi mengatakan para napi yang mendapat remisi itu didominasi pidana umum seperti penganiayaan, pecurian, perkelahian dan lainnya. Sementara pidana khusus untuk kasus korupsi nihil mendapat remisi.

Kepala Rutan Klas IIB Mamuju, Abdul Rachman menambahkan, napi untuk tindak pidana korupsi (Tipikor) memang harus membayar denda baru bisa mendapat remisi. Sementara untuk kasus narkotika harus mendapat justice dari yang menahan. “Kalau tidak ada itu berarti ditunda remisinya, bukan berarti tidak dapat,” katanya. (rul)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar