Adnan Sanksi PNS yang Produksi Plastik

Selasa, 13 Agustus 2019 - 10:23 WIB
Adnan Purichta Ichsan

FAJAR.CO.ID,SUNGGUMINASA — Penggunaan sampah plastik tidak lagi berlaku di lingkup Pemkab Gowa. Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, bahkan akan memberi sanksi bagi ASN yang menggunakannya.

Adnan meminta, agar seluruh pegawainya tidak lagi membeli minuman kemasan plastik. Ia ingin, kantor khususnya Kantor Bupati Gowa bersih dari produksi sampah plastik.

“Saya akan mendenda PNS yang masih memproduksi sampah plastik, uang denda nantinya akan disumbangkan ke masjid,” tegas Adnan, kemarin.
Adnan mengaku akan rutin menggelar sidak ke OPD. Ia akan menelusuri, dinas mana yang masih menggunakan plastik. “Saya juga perintahkan ada dispenser di masing-masing kantor, jika ingin minum tinggal ambil menggunakan tumbler yang pemkab bagikan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Marzuki, mengungkapkan, sampah plastik yang dihasilkan setiap hari di Kabupaten Gowa mencapai 0,5 kilogram per hari setiap orang. Sampah plastik tersebut didominasi sampah bekas air mineral. Hampir di sejumlah wilayah, terutama di daerah padat penduduk.
Sampah yang dihasilkan Gowa sekitar 136.746 ton per tahun itu berdasarkan dengan jumlah penduduk dan standar nasional. “Semoga langkah yang dilakukan bupati bisa juga diikuti semua pihak di Kabupaten Gowa agar mengurangi sampah plastik ini,” harapnya. (ica/iad)