FK UMI Kerja Sama AMDA Gelar Stadium Generale International

Selasa, 13 Agustus 2019 - 17:03 WIB
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Fakultas Kedokteran UMI bekerja sama dengan Association of Medical Doctor of Asia (AMDA International), AMDA Indonesia, AMSA FK UMI, dan KBMFK UMI mengadakan Studium Generale di Auditorium Teleconference Lt 5 Fakultas Kedokteran UMI, Selasa (13/08/2019).

Kegiatan ini merupakan bagian dari tindak lanjut kerja sama antara AMDA International dengan UMI yang tahun lalu telah ditandatangani bersama antara President AMDA International dengan Rektor UMI. Acara tersebut dibuka langsung oleh Rektor UMI diwakili Wakil Rektor 1, Hanafi As’ad.

Studium Generale ini menghadirkan Keynote Speaker Presiden AMDA International, Prof Shigeru Suganami (Jepang), dengan materi Disaster Medicine. Pemateri menjelaskan bahwa AMDA senantiasa berfokus terhadap bencana dan telah bekerjasama dengan berbagai negara termasuk Indonesia.

“Selain itu, AMDA juga selalu ikut andil dalam memberikan berbagai bantuan khususnya manajemen transportasi pasien, suplai perlengkapan medis, serta akomodasi dan distribusi makanan dan obat-obatan,” ujarnya.

Materi kedua, dibawakan oleh Presiden AMDA Indonesia yang juga adalah Ketua Bagian Anastesi FK UMI, Prof Husni Tanra, dengan materi “The Future Of Anesthesia”. Pemateri kedua berharap pentingnya seorang dokter memperbarui ilmu kedokteran karena dokter-dokter dituntut untuk maju sesuai dengan kemajuan teknologi ilmu kedokteran yang begitu pesat.

Materi ketiga, dibawakan oleh Dekan Fakultas Kedokteran UMI yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden AMDA Indonesia, Prof Syarifuddin Wahid. Professor lulusan Jepang tersebut membawakan materi tentang “The Future of Medical Student”.

Pemateri ketiga menjelaskan tentang alur dan jenjang pendidikan yang harus dilalui oleh mahasiswa kedokteran yang semakin dituntut untuk lebih cerdas dan tanggap dalam mencapai kompetensinya. (ind)