Kasus Pencurian Mendominasi di Sulbar

Selasa, 13 Agustus 2019 - 07:44 WIB

FAJAR.CO.ID,MAMUJU –Kepolisian Daerah (Polda) Sulbar merilis pengungkapan kasus di Ditreskrimum, Ditreskrimsus dan Ditnarkoba, selama setahun. Dari sekian banyak perkara, pencurian masih mendominasi.

Kasus Kejahatan Direktorat Krimum dan jajarannya sendiri telah menangani 810 kasus. Sebanyak 489 di antaranya telah dituntaskan. Dari 810 perkara tersebut, khusus pencurian sebanyak 200 kasus.

Selanjutnya di susul kasus penganiayaan sebanyak 153 kasus, penipun 106 kasus, pencurian pemberatan 39 kasus, penggelapan 38 kasus, pengeroyokan 37 kasus, dan beberapa kasus lainnya.

Sementara itu kasus kejahatan yang ditangani Direktorat Krimsus, saat ini ada tujuh laporan. Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Mashura, mengatakan, ketujuh kasus itu di antaranya kejahatan tentang sumber daya air, penyiaran, serta kesehatan. Ada pula penjual atau mengedarkan obat keras/bebas terbatas tanpa izin serta korupsi (tipikor) dan kejahatan tentang jaminan fidusia.

“Dua kasus telah tuntas (P-21), tiga kasus sementara tahap I dan dua kasus berhenti penyelidikan lidik dan satu kasus berstatus SPDP,” ujarnya.
Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharudin Djafar menambahkan, Direktorat Narkoba telah menangani 124 kasus. Sebanyak 118 kasus narkoba dengan barang bukti 249,758 gram dan enam kasus obat terlarang dengan barang bukti 1.240 butir atau senilai Rp5 juta. “Barang bukti lainnya berupa 8.000 sachet komix,” sebutnya. (rul/iad)