Lukman Hakim Saifuddin Antre 25 Menit ke Kamar Mandi

Selasa, 13 Agustus 2019 - 10:32 WIB
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mendapat protes dari internalnya akibat rilis 200 mubalig. (Foto: Hendra Eka/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, MINA– Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin harus merasakan panjangnya antrean ke kamar mandi di Mina, Arab Saudi. Mina merupakan salah satu tempat yang selalu ramai dengan jemaah, lantaran di sanalah ibadah lempar jamrah dilaksanakan.

“Panjangnya antrean kamar mandi di Mina dirasakan juga oleh Amirul Hajj Indonesia. Masuk antrian pukul 04.20 waktu Arab Saudi (WAS) , Menag @lukmansaifuddin dapat giliran masuk kamar mandi jam 04.45 WAS,” twit Kementerian Agama RI @Kemenag_RI.

Dalam sebuah video, Lukman menjelaskan Mina memiliki masalah keterbatasan tempat mandi dan buah air.

“Persoalan yang rumit selalu di Mina karena wilayahnya sangat terbatas, tidak bisa diperluas. Di Mekah atau Madinah bisa diperluas. Satu-satunya tempat yang tidak bisa diperluas ke samping di Mina,” tutur Lukman Hakim Saifuddin.

Adnan Sanksi PNS yang Produksi Plastik

Daun Sirsak Ampuh Cegah Penyakit Kanker

Topan Lekima Menewaskan 49 Orang, 1 Juta Mengungsi

Asyik Timbang Sabu-sabu, Polisi Tangkap  Pengedar di Luwu

Banyak Makan Daging, 6 Penyakit Ini Mengintai

Sejak menjabat menteri, Lukman terus mendorong pemerintah setempat meningkatkan kualitas layanan di Mina, terutama terkait tenda dan kamar mandi. Hanya saja, kondisi itu belum cukup membantu jemaah haji yang butuh layanan kamar mandi.

“Indonesia sejak empat lima tahun yang lalu mengusulkan Mina dibangun ke atas, karena ke samping sudah tidak bisa. Kondisi Mina memang begini,” imbuhnya. (jpnn)