Alasan Tidak Jelas, Perawat Puskesmas Ko’mara Tidak Melayani Pasien

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,TAKALAR— Pelayanan kesehatan Kabupaten Takalar kembali jadi sorotan. Seorang perawat di Puskesmas Ko’mara Kecamatan Polut Takalar, tidak melayani pasien karena alasan tidak jelas.

Salah satu keluarga pasien yang menderita gondok, mengaku, bertepatan dengan perayaan Iduladha. Dia membawa keluarganya ke UGD Puskesmas karena dalam keadaan kritis. Hanya saja, perawat bernama Pajja dg Paleng di Puskesmas tersebut, menolaknya karena dokter sedang tidak ada.

“Saya disuruh pergi ke rumah sakit daerah, kata perawatnya dokter tidak ada dan dia (perawat) sudah mau pulang karena ada urusan keluarga,” bebernya kepada FAJAR, Selasa, 13 Agustus.

Padahal menurutnya, keluarganya membutuhkan pertolongan karena sudah lemas. Dia pun membawa keluarganya ke Rumah Sakit Padjongan dg Ngalle Takalar, untuk mendapatkan perawatan. “Sekarang (pasien) sudah di rumah, kami trauma dengan perawatan rumah sakit yang seakan tidak ingin melayani,” sesalnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Ko’mara Takalar, Muhammad Ruslan Ali, mengungkapkan, perawatnya saat itu tidak membawa telefon seluler, sehingga sulit untuk menghubungi dokter jaga. “Itu alasannya, karena memang hari itu hari raya,” belanya.

Meski begitu, Ruslan menyesali perbuatan perawatnya yang tidak menindaki pasien terlebih dahulu sebelum menyarankan ke rumah sakit daerah. Kini perawat tersebut, sudah diberi sanksi teguran, dan jika mengulanginya maka akan diserahkan kepada Dinas Kesehatan untuk menindaki. “Kemarin juga sudah dipertemukan oleh Kadis Kesehatan, kalau diulang lagi maka akan ada sanksi tegas menantinya,” pungkasnya. (ica/iad)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...