BNPB Pastikan Kualitas Udara di Riau dan Kalteng Masih Sedang

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, RIAU– Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendeteksi kualitas udara di Provinsi Riau dan Kalteng (Kalimantan Tengah) masuk dalam kategori sedang.

Hal ini terjadi karena masih adanya titik kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut.

“BNPB mencatat titik panas di Riau sebanyak 56 titik, sedangkan Kalteng 144 titik,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo dalam keterangannya, Selasa (13/8).

Menurut Agus, titik panas juga terdekteksi di Kalimantan Barat (Kalbar) sebanyak 104 titik. Namun kualitas udara masih dalam kategori baik. Sementara itu, asap juga terdeteksi di wilayah Sumatera khususnya Sumatera Selatan (Sumsel).

“Sempat terdeteksi arah sebaran asap keluar dari batas wilayah negara atau transboundary haze. Asap teridentifikasi di wilayah Kalimantan Barat dan Serawak, Malaysia,” ucap Agus.

Satu Keluarga Dibantai, Termasuk Anak Berusia 4 Tahun

KSAD Pertahankan Enzo Zenz di Akmil, Ini Apresiasi PKS

Begal Payudara Marak, Begini Respons Wakil Wali Kota

Almien Ashar Jadi Ketua DPRD HSU di Usia 25 Tahun

Indonesia Berani Perang Dagang dengan Uni Eropa

Berdasarkan data BMKG, lanjut Agus, pantauan citra satelit Himawari menunjukkan arah angin di Sumatera dan Kalimatnan pada umumnya dari tenggara ke barat laut – timur.

Sebaran asap di Riau, Sumsel dan Kalteng menyebar ke arah barat laut, sedangkan Kalbar menyebar ke arah barat laut-timur.

Menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang lebih besar, kata Agus, BNPB menambah kekuatan udara. Total helikopter yang mendukung operasi pemadaman berjumlah 36, dengan rincian 28 unit untuk water bombing dan 8 lainnya unit patroli.

“Sedangkan pemadaman melalui darat, total personel gabungan yang terlibat dan tersebar di sejumlah wilayah sebanyak 9.072 orang,” pungkas Agus. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...