Ingin Punya Smartphone Terbaru? Pertimbangkan 4 Hal Ini

Rabu, 14 Agustus 2019 - 12:33 WIB
ilustrasi: penjualan handphone (net)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Membeli HP atau smartphone dengan cara kredit seringkali dipilih oleh kebanyakan orang. Alasannya pun bermacam-macam. Yang pasti, membeli HP baru dengan cara kredit memiliki beragam kelebihan seperti, tak perlu menunggu tabungan terkumpul, cicilan yang ringan, hingga adanya asuransi produk selama masa kredit belum terlunasi.

Kelebihan-kelebihan tersebut mulai membuat masyarakat berpikir bahwa membeli HP dengan cara kredit lebih menguntungkan ketimbang secara tunai. Persyaratan yang dibebankan untuk dapat mengajukan kreditnya pun juga semakin dipermudah.

Banyak situs maupun aplikasi yang menawarkan kredit HP online tanpa kartu kredit dan tanpa banyak membutuhkan dokumen penting sebagai persyaratannya. Dengan begitu, Anda pun dapat menikmati smartphone baru dalam sekejap.

Namun, dibalik kemudahan tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengajukan cicilan online tanpa kartu kredit ini. Tentunya, 4 hal tersebut berkaitan dengan proses pelunasan cicilan kredit HP yang Anda lakukan. Untuk itu, simak penjelasannya berikut ini.

1.Bandingkan Besaran Cicilan dengan Pendapatan

Sama halnya saat mengajukan pinjaman dana tunai, kredit HP juga mengharuskan anda untuk membayar cicilan secara rutin tiap bulannya. Jika telat membayar, anda tentu harus menerima konsekuensi harus membayar denda yang mungkin tidak sedikit.

Untuk itu, ketahui terlebih dahulu kondisi keuangan Anda sebelum membeli smartphone baru dengan cara kredit. Jangan sampai beban tagihan dari kredit HP tersebut membuat kondisi keuangan Anda menjadi berantakan.

Agar Anda tidak kewalahan dalam melunasi kredit smartphone, membandingkan besaran cicilan dengan pendapatan dalam sebulan hendaknya dilakukan. Usahakan bahwa beban kredit yang dimiliki tidak lebih dari 30% total gaji Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui bahwa cicilan kredit HP tersebut dapat dibayar dengan lancar..

Jadi, bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, Sulawesi, Jawa, dan sekitarnya membeli smartphone baru dengan cara kredit di aplikasi kredit hp dapat memberikan keuntungan yang berlipat ganda. Pastinya, beban kredit tersebut akan aman bagi kondisi keuangan Anda nantinya.

2. Cari Kredit HP Online Terpercaya

Mengajukan kredit HP memang rentan akan bahaya penipuan, terlebih lagi yang berbasis online. Untuk itu, carilah penyedia jasa kredit smartphone yang terpercaya agar risiko buruk tidak terjadi pada Anda.

Salah satu cara agar Anda dapat mengajukan cicilan tanpa kartu kredit di tempat yang kredibel adalah dengan melihat review positif nasabah dan status legalitas di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika kedua hal tersebut Anda temukan, dapat dipastikan bahwa situs maupun aplikasi cicilan tanpa kartu kredit tersebut  tersebut aman untuk digunakan.

3. Cermati Spesifikasi HP dengan Baik

Sebagai gawai yang bisa dibilang cukup mahal, membeli HP seringkali hanya Anda lakukan sekali dalam beberapa waktu. Untuk itu, akan sangat disayangkan jika kualitasnya tidak sesuai dengan harapan Anda.

Untuk itu, cek spesifikasi dari smartphone incaran sebelum membelinya secara kredit. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apakah gawai tersebut memiliki kualitas yang mumpuni atau tidak. Tentunya, Anda memerlukan usaha ekstra keras agar dapat menemukan HP yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun, perjuangan Anda untuk menemukan smartphone impian akan menjadi lebih mudah saat menggunakan aplikasi pinjaman aplikasi kredit hp. Tak hanya terdapat penjelasan mengenai spesifikasi, Anda juga dapat melihat review detil mengenai kelebihan dan kekurangan dari sebuah smartphone.

Jadi, Anda dapat menimbang sendiri apakah smartphone yang akan dibeli secara kredit di aplikasi kredit hp dapat memenuhi kebutuhan Anda. Kepuasan saat membeli HP dengan spesifikasi terbaik pun bisa Anda dapatkan.

4. Pertimbangkan Tenor Kreditnya

Kemudahan dalam mengajukan cicilan tanpa kartu kredit seringkali membuat orang mudah tergiur. Hanya dengan memberikan berkas yang tidak sulit untuk disiapkan, Anda sudah dapat memiliki HP baru dengan kualitas yang lebih baik.

Namun, dibalik kemudahan mendapatkan HP baru tersebut, terdapat beban cicilan yang harus Anda lunasi hingga tuntas. Menjaga komitmen melunasi cicilan juga tidak mudah untuk dilakukan.

Untuk itu, pertimbangkan masa durasi pelunasan kredit smartphone sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan sampai karena tenor kredit yang terlalu lama, Anda menjadi sulit untuk menyisihkan penghasilan untuk ditabung.

Tenor yang terlalu singkat juga mungkin akan mengacaukan kondisi keuangan Anda karena cicilan kredit menjadi lebih mahal. Jadi, pertimbangkan dengan baik tenor kredit smartphone yang Anda lakukan agar kondisi keuangan Anda tetap berada pada posisi yang aman.

Kredit Smartphone Terjangkau, Keuangan Terjaga

Disamping karena kondisi ekonomi yang mungkin tidak seberapa, kredit smartphone seringkali dipilih karena memiliki keuntungan yang beragam. Dengan keunggulan tersebut, membeli HP dengan cara kredit bahkan dirasa lebih menguntungkan. Untuk itu, tak ada salahnya untuk mengajukan kredit dalam membeli smartphone, asalkan Anda mempertimbangkan 4 hal diatas. (***/yon)

Loading...