Jemaah Haji Indonesia Berangsur Tinggalkan Mina

FAJAR.CO.ID, MINA-- Sebagian jemaah haji Indonesia mulai meninggalkan tenda Mina untuk kembali ke hotel di Mekah. Mereka diangkut dengan menggunakan bus sejak kemarin pagi (13/8).

Kepala Satgas Mina Ahmad Jauhari menuturkan, bus sudah mengangkut sebagian jemaah untuk meninggalkan tenda pukul 07.00 waktu Arab Saudi.

Jemaah yang pulang lebih dahulu menuju hotel adalah mereka yang mengambil nafar awal. Karena itu, pelemparan jumrah dan mabitnya selesai pada 12 Zulhijah (13 Agustus). ”Merata, hampir setiap maktab sudah ada jemaah yang diberangkatkan menuju hotel,” tuturnya.

Sementara itu, jemaah yang mengambil nafar tsani masih harus melakukan mabit dan lempar jumrah pada 13 Zulhijah (14 Agustus). Dengan demikian, pada 12 Agustus mereka masih harus mabit atau menginap di Mina. Mereka baru diberangkatkan menuju hotel hari ini (14/8).

Jauhari tidak bisa memastikan jumlah jemaah yang sudah menuju hotel di Mekah. Dia hanya menjelaskan, ada 120 ribu jemaah atau sekitar 57 persen yang melaporkan mengajukan nafar awal.

Pergerakan jemaah haji dari tenda-tenda di Mina menuju hotel dilakukan dengan menggunakan bus dari naqabah. Jumlah bus yang disiapkan 21 unit untuk setiap maktab. ”Jumlah armada busnya sama seperti pemberangkatan jemaah dari Mekah menuju Arafah,” katanya.

Pemulangan jemaah dari Mina menuju Mekah biasanya berakhir pukul 17.00 waktu setempat. Sebab, jemaah yang mengambil nafar awal harus meninggalkan Mina sebelum matahari terbenam. Jika masih berada di Mina setelah matahari terbenam, mereka harus melakukan mabit dan melempar jumrah untuk nafar tsani.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...