Kosmetik Ilegal Rugikan Negara Ratusan Miliar per Tahun

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Subdit I Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menggagalkan upaya penyelendupan kosmetik ilegal, obat-obatan, bahan pangan dan elektronik ilegal asal Tiongkok. Total kerugian negara akibat kasus ini ditaksir bernilai ratusan miliar dalam setahun.

“Barang-barang kosmetik kan datang dari luar, belum mendapat izin dari BPOM atau izin edar lainnya. Jadi kita nggak tau isinya, bisa menimbulkan kerugian,” ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (14/8).

Dalam perkara ini, polisi mengamankan 4 orang tersangka. Satu di antaranya adalah WNA Tiongkok. Mereka yakni Pl, 63; H, 30; EK, 44; dan AH; 40 (WNA Tiongkok). Kelompok ini sudah menjalankan bisnis haram tersebut selama 8 tahun.

Sebelum dikirim ke Indonesia, barang-barang ilegal ini terlebih dahulu masuk ke wilayah Malaysia melalui pelabuhan Pasir Gudang Johor. Kemudian barang dikirim ke pelabuhan kuching Serawak. Selanjutnya barang dibawa menggunakan truk ke perbatasan wilayah Indonesia untuk diselundupkan melalui jalan darat ke wilayah Jagoi Babang, Kalimantan Barat.

Isi barang selundupan tersebut kemudian diangkut menggunakan truk besar dari Pontianak melalui pelabuhan Dwikora. Selanjutnya dikirim menggunakan kapal angkut, dan masuk ke pelabuhan Tegar Marunda Center Kabupaten Bekasi. Saat merapat di pelabuhan petugas langsung melakukan tindakan dan mengamankan 10 truk pembawa barang ilegal tersebut.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...