Suap Impor Bawang Putih, KPK Kejar Pejabat Kementan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengusut keterlibatan pihak lain dalam kasus dugaan suap impor bawang putih. Salah satu yang akan ditelisik yakni keterlibatan sejumlah pejabat Kementerian Pertanian (Kementan) yang belakangan terungkap dalam proses penggeledahan.

“Nanti kalau perannya signifikan dikejar, kan TPPU kalau orangnya sudah meninggal saja kita kejar,” kata Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (13/8).

Saut menegaskan, langkah Kementan yang mencopot sejumlah pejabatnya tidak akan menghentikan langkah lembaga antirasuah untuk menjerat para pihak yang terlibat dalam kasus ini. Namun itu masih menunggu langkah yang diambil penyidik.

“Memang betulkan peran orang perorang tidak tergantung pada dipecat atau tidaknya, makanya tergantung penyidikan,” ucap Saut.

KPK sebelumnya telah menggeledah sejumlah lokasi terkait kasus yang menjerat anggota Komisi VI DPR Fraksi PDIP, I Nyoman Dhamantra. Lokasi yang digeledah yakni ruang kerja Direktorat Jenderal Hortikultura Kementan dan juga ruang kerja I Nyoman di DPR RI.

Dari hasil penggeledah tersebut, KPK menyita sejumlah barang bukti elektronik dan dokumen-dokumen terkait izin impor bawang putih. Ketika ditelisik soal keterlibatan pihak Ditjen Hortikultura Kementan dalam kasus ini, Saut pum masih belum menjelaskan secara rinci.

“Saya belum tahu apa temuannya, tujuan tindaklajut OTT yang kemarin pasti ada keterkaitan,” ungkap Saut.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...