Teh Kapulaga, Ini 5 Manfaat untuk Kesehatan

Rabu, 14 Agustus 2019 - 14:32 WIB

FAJAR.CO.ID– Di India, teh kapulaga sangat terkenal. Aromanya yang harum dan rasanya yang enak jika dicampur dengan susu membuat teh ini menjadi favorit semua orang. Cita rasanya gurih, beraroma seperti perpaduan bunga dan jeruk. Biasanya jenis teh yang digunakan untuk pembuatan minuman ini adalah black tea.

Untuk memperkaya rasa, biasanya orang menambahkan licorice, fenel, clove, kayu manis, vanila, cokelat, dan bahkan lada hitam ke dalam teh kapulaga. Berikut ini beberapa manfaat teh kapulaga untuk kesehatan, seperti dilansir laman Stylecraze, Selasa (13/7).

1. Bantuan Pencernaan

Minum teh kapulaga membantu pencernaan dan asimilasi makanan yang dicerna. Ini mencegah gangguan pencernaan dan perut kembung setelah Anda makan berat dengan merangsang sekresi asam lambung. Jika Anda merasa mual, teh kapulaga bisa memberi Anda bantuan cepat. Teh ini juga bisa mengobati sembelit dan kram perut akut yang menyertainya dengan cukup efektif.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Sirkulasi Darah

Teh kapulaga kaya akan antioksidan seperti pinene, linalool, limonene, dan senyawa fenolik lainnya yang bisa mengurangi radikal bebas yang menyebabkan hipertensi. Flavonoid dalam teh ini mencegah akumulasi kolesterol dalam pembuluh darah tanpa mengubah kadar HDL (kolesterol baik) dalam serum.

Komponen tertentu juga memodifikasi atau memblokir transportasi kalsium melintasi pembuluh darah sehingga mereka tetap melebar. Akibatnya, darah bersirkulasi dengan bebas melalui pembuluh darah dan mengurangi tekanan pada jantung dan dinding pembuluh darah Anda. Ini membantu menjaga kesehatan jantung dan melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular.

3. Efektif Terhadap Flu

Tingkat sterol, polialalkohol, dan vitamin A dan C yang tinggi memberikan kapulaga antiviral, antijamur, antimikroba, antiinflamasi, dan imunomodulator. Teh kapulaga bisa mengobati sakit tenggorokan dan batuk kering serta menghilangkan dahak berlebihan yang disebabkan oleh infeksi mikroba (mis., Flu) atau hipersensitivitas (mis., Alergi serbuk sari) dengan meningkatkan kekebalan Anda.

Teh ini juga bisa mengurangi keparahan peradangan di paru-paru dan organ terkait dalam kondisi seperti asma, bronkitis, dan pneumonia dengan memicu produksi enzim anti-inflamasi seperti penghambat COX.

4. Mengobati Bau mulut dan Masalah Gigi

Mengonsumsi biji kapulaga, baik dalam teh atau langsung, bisa membantu melawan bau mulut (halitosis). Bau mulut bisa disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk, mengunyah atau merokok tembakau, penyakit yang menyebabkan mulut kering, diet ketat. Komponen antiseptik dan antimikroba dari biji kapulaga, seperti cineole dan pinene, membunuh bakteri ini dan menyembuhkan pendarahan serta gusi yang terinfeksi.

Prolog Fest Sajikan Event Musik Berkolaborasi Seni

Erin Taulany Mulai Aktifkan Akun Instagram, Cuma…

Kunjungi Pasar Teknologi Advansia, Wabup Sidrap : Dapat Bermanfaat bagi Petani Tingkatkan Hasil Pertanian

Henny Mona Tak Percaya Suaminya, Rio Reifan Ditangkap

Fadli Zon Lebih Tertarik Kursi Pimpinan DPR Dibanding MPR

5. Minuman Detoks Lengkap

Komponen aktif daun teh dan biji kapulaga, bersama-sama, membuang semua limbah yang beredar dalam aliran darah Anda. Teh kapulaga memiliki terpene esensial seperti myrcene, sabinene, carene, limonene, eudesmene, cedrene, dan terpinolene, bersama dengan polialkohol seperti linalool, geraniol, verbeneol, terpinyl acetate, dan turunannya yang melimpah.

Komponen-komponen ini menghilangkan radikal bebas, zat antara beracun, dan ion logam berat dari darah Anda dengan mengeluarkannya ke dalam urine. Karena aktivitas diuretik dan lipolitiknya yang ringan, teh ini mengurangi kembung dan retensi air di jaringan dan persendian Anda, mencegah penumpukan kolesterol dalam tubuh, dan pada akhirnya menyebabkan penurunan berat badan. (jpnn)