Teh Mawar, Ini 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

Rabu, 14 Agustus 2019 - 09:14 WIB

FAJAR.CO.ID– Mawar tidak hanya indah sebagai pajangan yang mempercantik ruangan. Belum banyak yang tahu bahwa mawar pun bisa dijadikan teh mawah seduhan yang manis dan menghangatkan, bahkan memiliki banyak manfaat, terutama menurunkan berat badan.

Berikut manfaat minum teh bunga mawar, seperti dilansir laman Stylecraze, Minggu (11/8).

1. Meningkatkan Kesehatan Menstruasi

Teh mawar telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengurangi nyeri haid dan dismenore. Sebuah penelitian dengan 130 anak remaja perempuan dibentuk untuk menyelidiki efek ini. Minuman seperti teh mawar adalah pengobatan yang aman dan sederhana untuk dismenore dan sindrom pramenstruasi (PMS).

2. Pencernaan

Banyak varietas mawar telah digunakan untuk sifat estetika dan obat. Rosa damascena adalah salah satu varietas mawar yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati masalah pencernaan. Kelopak kering dari Rosa damascena sering dimakan untuk mengatasi masalah perut.

3. Meredakan Kecemasan Dan Rasa Sakit

Kelopak mawar mengandung antioksidan kuat. Bahan aktif ini bisa meningkatkan suasana hati Anda dan menenangkan hati Anda. Aromaterapi mawar juga telah terbukti meningkatkan mood dan tidur. Ini bisa menghilangkan depresi, kesedihan, ketegangan, dan rasa sakit. Faktanya, Rosa damascena, sebagai spesies, diketahui memiliki sifat analgesik.

4. Meringankan Sembelit

Ekstrak mawar meningkatkan kadar air dalam tinja bersama dengan frekuensi buang air besar. Ini bisa jadi karena bisa merangsang pergerakan cairan di usus.

5. Membantu Dalam Mengelola Diabetes

Mengonsumsi ekstrak alkohol Rosa damascena telah terbukti memiliki efek anti-diabetes.

Minyak Ikan Bikin Anak Lebih Cerdas, Konsumsi Rutin

Kerutan di Wajah Bisa Deskripsikan Diri Anda

Gelombang Tinggi Mengancam, Pelayaran Disetop

Nenek 60 Tahun Tewas Mengenaskan Ditabrak Lari

Komisi I DPR RI Minta Setop Permasalahkan Enzo Zens

6. Membantu Pertumbuhan Rambut

Kelopak mawar – terutama kelopak mawar putih dan merah muda – memiliki sifat antioksidan dan anti-alergi yang sangat baik. Sebuah penelitian yang dilakukan di Korea Selatan menemukan bahwa kelopak mawar putih menurunkan oksidasi lipid dan protein dalam sel-sel rambut. Fitokimia dalam mawar bisa menghambat sekresi sebum. Kadar sebum yang rendah bisa mencegah gatal dan masalah kulit kepala yang berminyak. Ketika ditambahkan ke produk rambut, seperti sampo, ekstrak mawar bisa membantu mengurangi peradangan juga. (jpnn)