Dibutuhkan Warga Miskin, Pemkab Lutra Belum Lelang Tujuh Proyek

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MASAMBA–Tahun anggaran 2019, memasuki semester kedua. Sampai awal Agustus ini masih ada tujuh proyek pengadaan alat kelompok usaha mikro dan perencanaan yang belum dilelang Pemerintah Kabupaten Luwu Utara.

Ketua Komisi III DPRD Luwu Utara, Karimuddin mengatakan, proyek pengadaan ini sangat dibutuhkan masyarakat. ”Ada untuk membantu peralatan masyarakat kecil membangun usaha, ada pengadaan buku demi meningkatkan sumber daya manusia dan untuk kesehatan. Kenapa belum dilelang ini kebutuhan masyarakat kecil,”kata Karimuddin. Dana yang ketujuh proyek pengadaan yang belum dilelang ini mencapai Rp7,553 miliar.

Mantan aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ini membeberkan proyek yang belum dilelang ini adalah pengadaan peralatan kelompok usaha oleh Dinas Transmigrasi melalui APBD 2019. Anggarannya mencapai Rp3,249 miliar. Pengadaan ini belum terpublish.

Ketua PAN Luwu Utara ini menyebut, dana bantuan peralatan usaha Rp3,2 miliar tidak dilelang. Bantuan kelompok usaha sebaiknya dipercepat dilelang. Ini menggerakkan sektor usaha. ”Bantuan ini untuk masyarakat susah. Bukan untuk orang kaya,”tegas Kamaruddin. Kenapa masalah ini lambat dilelang. Dana sudah ada, kelompok usaha sudah ada. Bahkan mereka sudah dilatih di BLK.Tinggal diberi bantuan modal usaha. Sementara bantuan peralatan belum dilelang.
Pantasan ekonomi produktif tidak berjalan. Apalagi sudah masuk semeter kedua. Pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) harus cepat masalah bantuan untuk peningkatan ekonomi masyarakat. ”Belanja publik tidak boleh lambat disalurkan. Masa belum tender,”tegasnya.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Pemda Luwu Utara, Amry Alauddin Akmal mengakui memang ada kasus lelang pengadaan bantuan peralatan usaha kecil dan mikro belum dilelang. ”Masalah ini akibat dinas terkait tidak menyerahkan ke ULP,”kata Amry. Semua proyek yang akan dilelang harus lengkap dokumennya. Ketujuh program ini tidak diserahkan dokumennya. Pejabat pembuat komitmen wajib mengisi kelengkapan dokumen. ”Itu tidak dilakukan. Makanya kami tidak melakukan lelang,”paparnya.(shd)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...