Ichwan Persada Siapkan Film Dokumenter Layar Lebar Pasukan Ramang

Kamis, 15 Agustus 2019 - 18:58 WIB
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sejarah sepak bola di Makassar memang tak dapat dipisahkan dari sejarah legenda sepak bola Indonesia. Nama PSM selalu dikaitkan dengan sang jagoan bola, Ramang.

Apalagi, setelah kemenangan PSM menjadi Juara Liga Indonesia 2019, membawa kegembiraan bagi warga Makassar pada Selasa, 6 Agustus 2019, lalu.

Demi melihat bagaimana sejarah PSM dari masa ke masa. Ternyata dari jauh-jauh hari, Sutradara Ichwan Persada akan mengangkatnya ke layar lebar.

Kepada FAJAR, Ichwan Persada mengatakan, lewat dua teaser dokumenter, telah dibuat enam tahun silam. “Kini film tersebut sedang diupayakan bisa di produksi dalam waktu dekat ini,” katanya, belum lama ini.

Kendati demikian tak mudah, pasalnya kalkulasi biaya, memang butuh biaya besar untuk produksi dokumenter panjang tersebut. Apalagi untuk kebutuhan bioskop dan akan diikutkan festival.

Belum lagi, kata dia, ia juga ingin tapak tilas ke Melbourne di mana Ramang sempat bermain di Olimpiade di sana pada tahun 1956. “Hal ini membutuhkan waktu pengerjaan dan biaya yang tak sedikit,” ujarnya.

Untuk itu, sebagai seseorang yang lahir di Kota Daeng, ia berupaya menjalankannya. Ia dibantu sejumlah teman baik Ichwan. Seperti Firman Baso dan Muhammad Machsan sang produser eksekutif “Hijabers in Love”, pemerhati seni M Ruslailang Noertika, Andi Syahwal Mattuju, sang produser “Uang Panai” dan Darius Sinathrya.

“Doakan saja bisa terwujud secepatnya,” tutur sutradara film Silariang Cinta Yang (tak) Direstui ini.

Saking inginnya film ini terwujud, Ichwan dan kru Persada film sempat galang dana demi film ini. Akan tetapi, dananya tersebut hanya untuk membuat teaser dua versi. Sebagian langsung diserahkan pada Pak Anwar, putra Ramang sebagai bentuk penghargaan. Ke depannya film ini bisa dilakukan proses produksi lagi di tahun 2019. (wis)

loading...

One thought on “Ichwan Persada Siapkan Film Dokumenter Layar Lebar Pasukan Ramang

Comments are closed.