Tujuh Mahasiswa Sulsel Terima Beasiswa ke Tiongkok

Kamis, 15 Agustus 2019 - 10:21 WIB

FAJAR. CO. ID, MAKASSAR–Tujuh putra dan putri Sulsel mendapat beasiswa kuliah di Tiongkok. Mereka menerima beasiswa dari Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bekerja sama dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Ketua Harian INTI Pusat, Indra Wahidin, mengatakan, beasiswa Tiongkok ini salah satu program pendidikan yang telah dibuka INTI yang sudah memasuki tahun kedua.

Kerja sama INTI dengan Kedutaan Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Kampus yang dimasuki pun dari pelbagai kampus terkemuka dan bisa dipilih oleh para pendaftar. Terdiri dari program S1 hingga S3.

Tahun lalu, INTI telah melepas 20 mahasiswa. Seluruhnya adalah rekomendasi dari Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan Nahdatul Ulama (NU). “Kita memang kerja sama,”kata pria lulusan Lemhannas itu.

Atas keberhasilan tersebut, tahun ini INTI diberikan jatah 50 orang. Sehingga kata dia, telah  diberikan kembali untuk ICMI, Muhammadiyah, dan NU sebanyak 30 orang dan 20 orang untuk kader internal INTI yang dibagi diseluruh cabang di Indonesia.

Tahun ini, Sulsel sebenarnya diberikan jatah 10 orang. Namun, setelah diseleksi hanya 7 orang yang bisa dipenuhi. “Semuanya akan diberangkatkan besok hari iniserentak di Jakarta,” katanya, Kamis, (15/8/19).

Ketua INTI Sulsel, Peter Gozal, berharap tahun berikutnya kuota Sulsel bisa lebih besar lagi. “Supaya kian banyak putra dan putri Sulsel berkesempatan kuliah di Tiongkok,”harapnya. Selain beasiswa Tiongkok, pria yang kembali terpilih Ketua DPD INTI Sulsel, juga merencanakan program beasiswa pelangi. Beasiswa khusus SD sampai SMA.

Berikut nama penerima Beasiswa Tiongkok dan kampus tujuan:

1. Abraham (Shanghai ocean university)
2. Ronald (Kunming Medical University)
3. Feronika Prabowo ( Huazhong Science and Technology)
4. Giorgio Davin (Sun Yat Sen University)
5. Jaya Bakri (Sun Yat Sen University)
6.Genesius Geraldo (Sun Yat Sen University)
7. Novita Prabowo ( Huaqiao university). (mum)

loading...