Daun Asam, Berikut 9 Manfaatnya untuk Kesehatan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID– Jika Anda suka minum jamu, pasti tak asing dengan sinom yang berasal dari daun asam. Minuman ini sangat ringan dibandingkan jenis jamu lainnya yang terasa pahit.

Biasanya sinom banyak diminum untuk penetralisasi minum jamu yang pahit dan bahkan banyak anak kecil yang suka dengan minuman manis yang satu ini.

Tapi tahukah Anda bahwa sinom berasal dari daun asam? Meski memang tidak seperti jamu pada umumnya, namun kandungan daun asam sangat banyak dan baik untuk tubuh. Itu lah mengapa daun ini juga dijadikan bahan jamu atau minuman obat tradisional Indonesia. Berikut manfaat daun asam untuk kesehatan, seperti dilansir laman Stylecraze, Rabu (14/8).

1. Menghambat malaria

Malaria disebabkan oleh nyamuk Anopheles betina. Menurut penelitian, ekstrak daun asam bisa menghambat pertumbuhan Plasmodium falciparum, yang dibawa oleh nyamuk dan menyebabkan malaria.

2. Menyembuhkan penyakit kuning dan diabetes

Mengonsumsi ramuan daun ini membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh dan juga meningkatkan sensitivitas insulinnya. Ini juga membantu menyembuhkan penyakit kuning.

3. Membantu kudis

Penyakit kudis disebabkan karena kekurangan vitamin C. Juga dikenal sebagai penyakit pelaut, penyakit kudis umumnya disertai dengan gejala seperti pendarahan gusi dan kuku, kelelahan. Daun ini asam mengandung kadar asam askorbat tinggi, yang bertindak sebagai vitamin anti-penyakit kudis.

4. Menyembuhkan luka

Ketika jus dari daun ini diekstraksi dan dioleskan pada luka, mereka lebih cepat sembuh, berkat sifat antiseptik yang ada di daun. Jus ini juga mencegah infeksi lain dan pertumbuhan parasit. Generasi sel baru juga dipercepat.

5. Meningkatkan laktasi

Ekstrak dari daun ini membantu ibu menyusui meningkatkan kualitas ASI.

6. Menghambat infeksi genital

Ekstrak daun asam berguna dalam menghentikan infeksi genital dan juga memberikan bantuan dari gejalanya.

Bawang Putih Dipercaya Ampuh Menunda Pikun

Shafa Harris dan Bastian Tepergok di Resepsionis Hotel

Tersandung Ijazah Palsu, Caleg Jadi Tersangka

Dosen UGM Gantung Diri Saat Istri Belanja ke Pasar

Pemuda Maluku Tuntut Otsus dan Jatah Menteri

7. Meringankan kram menstruasi

Kita semua tahu betapa buruknya kram menstruasi. Untuk mengurangi rasa sakit dan membuat haid Anda lebih mudah diatur, Anda bisa menggunakan daun asam dan ekstrak kulit kayu karena bersifat analgesik. Daun pepaya, garam dan air bisa ditambahkan untuk meningkatkan efisiensi daun. Tapi, pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak garam.

8. Antiradang

Daun asam memiliki sifat anti inflamasi dan bisa digunakan sebagai obat untuk nyeri sendi dan radang lainnya.

9. Melindungi tubuh dari infeksi

Daun ini adalah gudang Vitamin C, yang menangkal segala infeksi mikroba, yang mengarah ke tubuh yang sehat.

10. Baik untuk kesehatan mulut dan gigi

Kebersihan mulut sangat penting. Salah satu keluhan utama pasien yang menderita masalah mulut adalah bau mulut. Sakit gigi juga berada di puncak grafik. Untuk kedua masalah tersebut, daun ini bisa digunakan sebagai pengobatan yang ideal. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment