Jatah Menteri Parpol 16 Kursi, PDIP Yakin Jokowi Tak Ingkar

Jumat, 16 Agustus 2019 - 13:22 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Politikus PDIP, Eva Kusuma Sundari yakin Presiden Jokowi akan menepati janjinya untuk memberikan jatah menteri paling banyak kepada partai berlambang banteng moncong putih itu.

Eva juga mengatakan pihaknya menerima keputusan presiden tentang komposisi jatah menteri kabinet, yaitu 55 persen dari profesional dan 45 persen dari partai politik. Jumlah kursi di kabinet kerja ada 34.

“Kami menghormati pemilik wewenang di dalam penentu kabinet. Karena Pak Jokowi pemegang hak prerogatif, maka policy umum untuk menentukan bahwa 55 persen profesional, 45 persen dari parpol, itu sepenuhnya hak dari Pak Jokowi,” kata Eva saat dikonfirmasi, Jumat (16/8).

Akar Bajakah Antikanker, Peneliti Ingin Pastikan Spesimennya

Jelang HUT RI, Personel Brimob Bone Silaturahmi dengan Tokoh Agama

Polisi Terbakar saat Demo, 30 Pengunjuk Rasa Ditangkap

Aktor Sonny Septian Setia Dampingi Fairuz A Rafiq di RS

Zulhas Suarakan Hidupkan GBHN melalui Sidang MPR

Eva mengkalkulasi susunan kabinet tersebut. Hitungan kasar, 45 persen berarti 16 kursi menteri dibagi-bagi untuk partai politik. Sedangkan profesional jatahnya 18 kursi.

“Maka 16 tadi akan dibagi di kalangan parpol pendukung, tentu dengan asas proporsional yang artinya PDIP paling banyak karena punya kursi paling banyak di DPR,” jelas Eva. (jpnn)

Loading...