Lansia Jadi Drop, Waspadai 5 Penyebab Ini Terjadi

Jumat, 16 Agustus 2019 - 14:05 WIB

FAJAR.CO.ID– Apa sebenarnya penyebab kondisi lansia jadi drop? Kondisi serupa itu juga yang kini tengah dialami Ibunda SBY. Siti Habibah, ibunda mantan presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), masih dirawat secara intensif setelah kondisi kesehatannya tidak stabil. Sampai saat ini, belum ada yang merinci tentang sakit apa yang diderita beliau.

Saat ini, Siti Habibah sedang dirawat di Rumah Sakit Mitra Cibubur. Melalui akun Instagram pribadinya, SBY meminta doa dari seluruh sahabat dan masyarakat Indonesia agar ibunya bisa sembuh.

Meski belum diketahui pasti apa penyebabnya, tapi faktor usia sepertinya jadi salah satu penyebabnya. Lansia memang diketahui bisa mengalami kondisi kesehatan yang tiba-tiba drop.

Penyebab kondisi lansia jadi drop

Kondisi kesehatan Siti Habibah yang drop bisa dialami lansia lainnya atau orang yang sudah berusia 60 tahun ke atas. Penyebabnya sangat beragam, tapi sebagian besar berhubungan dengan kemampuan daya tahan tubuh.

Berikut adalah beberapa penyebab kondisi kesehatan para lansia tiba-tiba drop yang patut Anda waspadai:

1. Kemampuan sel-sel mulai menurun

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, kemampuan sel-sel yang menurun pada lansia sangat berhubungan erat dengan kondisi tubuh mereka yang drop.

“Kemampuan sel-sel pada lansia memang cenderung sudah mulai menurun, tidak seperti saat masih mudah. Jadinya, ketika ada sel-sel rusak dalam tubuh, recovery lansia akan lebih lama dan itu bisa membuat kesehatan drop,” ujar dr. Dyan Mega.

2. Daya tahan tubuh menurun

Sudah disebutkan di awal, daya tahan tubuh juga menjadi salah satu faktor penting. Pada lansia, daya tahan tubuh biasanya mudah sekali menurun karena beberapa faktor.

“Jika sudah begini, peran tubuh lansia untuk menangkal penyakit secara alami juga menurun,” jelas dr. Dyan Mega.

3. Tidak bisa menguyah makanan dengan baik

Pada lansia, kehilangan gigi dan kemampuan mengunyah makanan bukan hal sepele. Faktanya, itu juga dapat memengaruhi kondisi kesehatan mereka.

“Lansia biasanya sudah tidak bisa mengunyah makanan dengan baik. Ketika kondisi ini terjadi, hal itu bisa memengaruhi asupan nutrisi mereka. Jadinya, akan turut memengaruhi daya tahan tubuh dan kekebalan tubuh mereka. Kuman-kuman akan gampang menyerang tubuh karena tidak terpenuhinya nutrisi,” ungkap dr. Dyan Mega.

4. Punya penyakit tertentu

Lansia juga identik dengan terpaan beragam penyakit akibat gaya hidup semasa muda. Akhirnya, penyakit itu juga bisa membuat kondisi kesehatan lansia drop.

“Bisa semakin drop jika sudah punya penyakit tertentu. Contohnya adalah diabetes, darah tinggi, atau gangguan pada ginjal. Ini juga bisa memengaruhi performa mereka sehari-hari. Gerak sedikit langsung menjadi lemas,” kata dr. Dyan Mega.

Geruduk DPRD Sulsel, Demonstran Minta Pansus Hak Angket Tuntaskan Kerjanya

Raffi Ahmad Ingin Menikah dengan Laudya Cynthia Bella, Bila…

Jelang Paripurna Hak Angket, DPRD Sulsel Dikawal Ketat Kepolisian

Hotman Paris Hutapea: Skandal Ikan Asin Jilid II

Akar Bajakah Antikanker, Peneliti Ingin Pastikan Spesimennya

5. Kurang tidur

Lansia sangat berpotensi mengalami hal ini. Sebab, dengan semakin menuanya usia, tidur mereka akan semakin mudah terganggu. Atau, bisa juga disebabkan gangguan kesehatan lainnya.

“Kalau orang dewasa disarankan tidur 7-8 jam pada malam hari, porsi tidur lansia biasanya justru berkurang. Padahal, seharusnya lansia justru membutuhkan tidur yang lebih lama,” terang dr. Dyan Mega.

Kalau sudah kurang tidur, akhirnya lansia bisa mengalami kondisi kesehatan yang buruk. Sebab, tidak cukup istirahat atau tidur akan bisa memengaruhi kondisi kesehatan lansia secara keseluruhan.

Beberapa penyebab kondisi kesehatan lansia bisa tiba-tiba drop – seperti yang dialami ibunda SBY yang tengah sakit – memang perlu diperhatikan. Untuk mencegahnya, sebaiknya lansia perlu diperiksa ke dokter secara berkala atau rutin. Jangan sampai kondisi kesehatannya ada yang terlewatkan, serta pastikan lansia meminum obat-obatan yang diresepkan sesuai jadwal. (jpnn)

loading...