Tiongkok Salahkan Amerika Terkait Rusuh Hong Kong

Jumat, 16 Agustus 2019 - 07:30 WIB

FAJAR.CO.ID, BEIJING– Kantor Komisaris Departemen Luar Negeri Tiongkok di Wilayah Administrasi Khusus Hong Kong (HKSAR), mengecam pernyataan Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi dan anggota parlemen lainnya tentang kerusuhan di Hong Kong, Kamis (15/8).

Para politikus Negeri Paman Sam itu dinilai membuat komentar yang tidak sesuai dengan fakta dan provokatif.

“Distorsi realitas, ketaatan buta terhadap standar ganda oleh politisi Amerika sudah dekat dengan histeria,” begitu bunyi pernyataan tersebut seperti dimuat Russia Today.

“Mereka bersekongkol dengan unsur-unsur kriminal radikal dan terlibat dalam kasus-kasus kriminal anti-Tiongkok di Hong Kong,” sambungnya.

Sebelumnya, anggota Komite Urusan Luar Negeri DPR Amerika Serikat mengeluarkan pernyataan yang memperingatkan Beijing bahwa setiap kekerasan yang digunakan terhadap demonstran damai di Hong Kong akan menjadi sebuah kesalahan dan akan mendapatkan kecaman global.

Ural Airlines Milik Rusia Mendarat Darurat Gara-gara Burung

Jackie Chan, Hong Kong Membencimu dan Tak Tahu Malu

Kashmir Memanas, Militer India-Pakistan Baku Tembak

Sidang Tahunan MPR, Seperti Ini Rangkaiannya

Pemuda Maluku Tuntut Otsus dan Jatah Menteri

Beijing sendiri kerap menuduh Amerika Serikat memainkan peran aktif dalam demonstrasi yang mengguncang Hong Kong sejak Maret lalu.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok awal pekan ini menegaskan bahwa Amerika Serikat tidak boleh menempelkan urusan mereka dalam situasi tersebut serta dan bersikeras bahwa Hong Kong adalah wilayah Tiongkok. (jpnn)

loading...