Darmawansyah Muin: Kemerdekaan Itu Kalau Semua Merasakan Keadilan

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 13:21 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Membahas tentang makna kemerdekaan memang sebuah topik yang menarik dan mengundang berbagai tokoh untuk ikut menyampaikan pandangannya. Di tengah kesibukannya sebagai Ketua Komisi D DPRD Provinsi Sulsel, Darmawansyah menjadi salah satu tokoh yang memiliki pemaknaan tersendiri terkait kemerdekaan.

Menurut Darmawansyah, nilai kemerdekaan itu tak jauh dari wilayah rasa dan rasio yang dimiliki oleh rakyat sebagai pemegang kedaulatan di negara ini. Dan tentunya, menurut dia dalam perspektif kepemimpinan menciptakan perasaan dan pemikiran merdeka adalah sebuah target yang wajib dicapai.

“Makna kemerdekaan bagi saya adalah saat rakyat yang kita pimpin pada semua tatanan dan level mampu merasakan keadilan dan mendapatkan hak asasi sebagai manusia seutuhnya, baik itu kemerdekaan dalam berpendapat maupun hak dasar untuk memperoleh pendidikan dan kehidupan yang layak,” ungkap pria yang baru saja meraup suara terbanyak se-sulsel pada Pileg 2019.

Selanjutnya Darmawansyah menjelaskan bahwa tentu dalam proses mewujudkan keadilan bagi seluruh warga negara harus taat pada peraturan dan prosedur penyelenggaraan yang ada, sebab menurutnya semua ada aturan main yang wajib dipatuhi, demikian halnya di daerah dan semua tempat.

“Dalam rangka mewujudkan keadilan sebagai cita-cita kemerdekaan tentulah kita tetap harus tunduk dan patuh terhadap aturan yang ada, namun bukan berarti kita tidak boleh mengekspresikan diri dan bereksplorasi demi mewujudkan kesejahteraan dan kebaikan bersama. Kan begitu?,” tutur Bakal calon bupati Gowa ini.

Terkait kondisi saat ini, dirinya kembali berpendapat bahwa bentuk perjuangan dan kemerdekaan itu telah berubah sesuai dengan perubahan zaman dan kondisi masyarakat kita. Utamanya di daerah menurut Darmawansyah kan kita sudah otonomi. Artinya sudah menjadi otoritas dan tugas penting bagi setiap pemimpin untuk melihat urgensi itu, yakni menggunakan seluruh potensi yang dimilikinya sebagai pemimpin dan melahirkan kebijakan yang pro terhadap keadilan bagi seluruhnya.

“Menjadi pemimpin kan memang tidak mudah, selain karena otoritas yang dimilikinya harus dipertanggungjawabkan melalui kebijakan yang berpihak kepada rakyat juga memang harus berani berkomitmen mengesampingkan kepentingan pribadi, kelompok dan menempatkan kepentingan bersama untuk mewujudkan apa yang menjadi hak masyarakat. Kita harus bekerja keras demi kemajuan daerah, sebagai wujud nyata kemerdekaan bangsa yang telah kita raih 74 tahun silam,” Seperti itu ungkapnya.

Diketahui belakangan ini Darmawansyah Muin banyak berbicara tentang konsep kepemimpinan, sempat disinggung apa ada kaitannya dengan kontestasi pada perhelatan pilkada Kab. Gowa di tahun depan, dirinya memilih tersenyum dan berucap santai.

“Kalau soal itu, kita lihat saja nanti. Apakah rakyat Gowa menginginkan perubahan dan membutuhkan kehadiran saya ya rakyat saja yang menentukan,” ujarnya. (ham)

loading...