Inspektur Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi, Anies: Ini Bukan Lahan Pribadi!

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 10:02 WIB

FAJAR.CO.ID,JAKARTA–Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar upacara peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia di Pantai Maju, Pulau Reklamasi, Jakarta Utara, Sabtu (17/8).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur upacara. Sedangkan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi diberi mandat membacakan teks proklamasi 1945.

Dalam amanat upacaranya, Anies mengatakan, pemilihan pulau reklamasi sebagai tempat upacara kemerdekaan tidak lepas ingin menghapus stigma bahwa kawasan ini hanya untuk elite tertentu.

Dia menegaskan pulau reklamasi terbuka bagi siapapun seluruh warga Indonesia.“Ini adalah lahan ketika proklamasi belum ada. Ini lahan baru, kita ingin kirim pesan bahwa lahan ini bukan lahan pribadi, ini lahan milik Republik Indonesia,” ujar Anies.

Anies mengatakan, tidak boleh lagi terjadi kawasan reklamasi hanya dinikmati oleh segelintir pihak. Keadilan harus ditegakkan. Sehingga setiap generasi akan ikut menikmati.

“Di tanah ini, ada tanah Indonesia, ada air di sini, air Indonesia. Ini tanah air Indonesia. Saudara turut menjadi saksi bagian dari yang memastikan ada keadilan untuk semua, ada kepastian hukum dan Insya Allah ini akan menjadi contoh untuk anak-anak kita,” tegasnya.

Lebih lanjut, Anies menyampaikan, Jakarta merupakan kota percontohan. Di sini seluruh suku dan budaya bersatu hidup rukun. Masyarakat Betawi sebagai warga lokal dengan terbuka menerima saudara-saudaranya yang datang dari seluruh penjuru tanah air.

“Jakarta kota ramah untuk semua. Di Jakarta deklarasi-deklarasi penting negara dilaksanakan itu berkat masyarkat Betawi yang dengan terbuka menerima semua pihak,” tambahnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menerangkan, meraih kemerdekaan bukan sebuah hal mudah bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, seluruh rakyat harus bersatu, membangun dan menjaga bangsa agar tetap kokoh, serta semakin maju.

“Kemerdekaan tidak diraih dalam waktu singkat, pengorbanan panjang pahlawan negara dengan keterbatasan yang dimiliki berhasil membebaskan dari belenggu penjajahan,” pungkas Anies. (jpc)