Kerajaan Bontoa Hingga Sitobo Lalang Lipa Ramaikan HUT ke-74 RI di Maros

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 18:49 WIB
IST

FAJAR.CO.ID, MAROS — Drama kolosal tentang perjuangan rakyat Maros dalam melawan penjajah, kembali disajikan usai upacara Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Pallantikang Maros, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Namun, kali ini tema yang diangkat dari kisah Perjuangan Kerajaan Bontoa dalam melawan penjajah di Masa Raja Bontoa XIII, I Bambo Dg Matekko (Petta Tekko).

Drama kolosal itu pun menjadi tontonan menarik di Lapangan Pallantikang Maros yang menjadi lokasi upacara.

Kegiatan ini digelar atas kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Maros dengan Badan Kerjasama Kesenian Indonesia (BKKI), Kodim 1422 Maros, Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Maros, dan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati (PSHT).

Ketua BKKI Maros yang juga sutradara dalam drama kolosal ini, Husni Siame mengatakan, drama ini diperankan oleh para pelajar Maros dari berbagai sekolah

“Ini sudah tahun kelima dilaksanakan dan selalu mengangkat tema perjuangan Rakyat Butta Salewangang terhadap penjajah,” katanya.

Akan tetapi untuk tahun ini kata dia, drama yang diangkat yakni tentang Perjuangan Kerajaan Bontoa dalam melawan penjajah di Masa Raja Bontoa XIII, I Bambo Dg Matekko (Petta Tekko).

Husni berharap dari kisah tokoh-tokoh sejarah di Maros ini bisa menjadi inspirasi dan bisa membangkitkan kecintaan terhadap tanah air dan rasa nasionalisme di kalangan muda-mudi.

Sementara itu sebelumnya upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan di Maros berlangsung hikmad.

Bupati Maros, HM Hatta Rahman, bertindak selaku Inspektur Upacara dalam upacara pengibaraan bendera Sang Saka Merah Putih peringatan detik-detik Proklamasi yang mengusung tema “Menuju Indonesia Unggul” ini.

Sementara pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dibacakan Ketua DPRD Kabupaten Maros, HAS Chaidir Syam sedangkan Kapten Tek, Bima Darmawanto bertindak sebagai Komandan Upacara.

Sedangkan untuk penurunan Bendera Merah Putih Wakil Bupati Maro, HA Harmil Mattotorang bertindak selaku Irup. Penurunan ini dimulai sekitar pukul 17.30 Wita. (rin)

loading...