Panitia Minta Maaf, Mengaku Sudah Mengundang Veteran Secara Lisan

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 19:06 WIB
Sejumlah veteran sudah berpakaian lengkap namun tak diundang.

FAJAR.CO.ID — Ketua Panitia HUT Kemerdekaan RI, 74 Pemprov Sulbar, Muhammad Hamzih mengatakan, panitia telah berusaha keras dan telah menyampaikan kepada panitia lainnya bahwa kehadiran tokoh-tokoh pejuang (veteran) adalah hal mutlak dan sebuah kewajiban.

Oleh karena itu, tidak ada kata lain kecuali panitia harus bertanggung jawab atas ketidakhadiran veteran itu.

“Ketidakhadiran tokoh-tokoh pejuang pada acara peringatan detik-detik proklamsi kemerdekaan merupakan kekeliruan kami dan kesalahan kami dan saya selaku ketua panitia bertanggung jawab atas kekeliaruan ini,” kata pria yang juga menjabat Kadis Pemuda dan Olahraga Sulbar ini.

Namun, dia menilai, telah terjadi kesalahpahaman antara panitia dengan para tokoh pejuang itu. Undangn kepada mereka sejak awal sudah disampaikan pada saat acara penyerahan penghargaan kepada para veteran yang digelar dua hari lalu, di kantor gubernur, Kamis, 15 Agustus 2019.

“Tetap diundang, mereka mungkin fokusnya pada penerimaan penghargaan, include di situ undangannya. Juga disampaikan di situ untuk hadir pada hari H (upacara 17 Agustus). Jadi kesalahpahaman saja, tetapi kalau itu sebuah kesalahan, maka itu kesalahan kami selaku panitia,” ujarnya.

Hamzih juga menyatakan, dalam waktu dekat akan menemui mereka untuk silaturahmi sambil meminta maaf secara langsung.

“Lewat kesempatan ini saya mewakili panitia menyampaikan permohonan maaf dan berharap semoga tahun-tahun yang akan datang semuanya bisa berjalan sesuai harapan. InsyaAllah dalam waktu dekat kami akan menemui para tokoh veteran tersebut untuk melakukan silaturahmi,” jelasnya. (rul)

Loading...