Peringkat Perguruan Tinggi Nonvokasi Indonesia, UNM dan UMI Melorot

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR–Sejumlah perguruan tinggi di Kota Makassar mengalami penurunan peringkat berdasarkan pengumuman Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi terkait hasil klasterisasi perguruan tinggi non-vokasi Indonesia 2019.

Peringkat Universitas Hasanuddin Unhas Makassar berada tetap di peringkat 8. Sedangkan, UNM pada tahun lalu berada di posisi 20, kini melorot ke posisi 29. Sementara itu, Universitas Muslim Indonesia yang sebelumnya peringkat 64 kini tidak masuk 100 besar.

Klasterisasi tersebut berdasarkan beberapa kriteria atau indikator yang dimutakhirkan oleh Kemenristekdikti pada 2019 ini.

“Ada 4 indikator yang kami nilai mulai dari input, proses, output dan outcome. Di mana kalau kita lihat inputnya adalah 15 persen, proses 25 persen, output 25 persen, dan outcome-nya 35 persen,” ucap Menteri Ristekdikti, Prof Mohamad Nasir dalam acara Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia Tahun 2019 di Auditorium Gedung D, Kemenristekdikti, Jumat (16/8).

Dalam kriteria tersebut, Nasir menilai bahwa indikator pada outcome menjadi sangat penting dalam dunia pendidikan sebagai sebuah bentuk penilaian, sehingga memiliki bobot penilaian yang cukup tinggi. (bs/eds)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...