Hadiah Puan Maharani untuk Mahasiswa Perantau Papua

FAJAR.CO.ID, SEMARANG - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani memberikan pengarahan dalam kegiatan Orientasi Diponegoro Muda (ODM) 2019 di Gelora Universitas Diponegoro (Undip), Tembalang, Semarang (18/8).

Kedatangan Puan itu disambut ribuan mahasiswa mahasiswi baru Undip yang sedang menjalani ospek tersebut.

Dalam pengarahannya, Puan berpesan agar para mahasiswa selalu mengedepankan Bhinneka Tunggal Ika dan toleransi antarsesama.

Cucu Bung Karno itu mengingatkan bahwa bangsa Indonesia, terdiri dari ribuan pulau, suku, dan budaya berbeda-beda sehingga harus tetap di jaga bersama.

"Keberagaman kita jaga. Pancasila kita implementasikan dalam kehidupan kita," kata Puan bersemangat.

Puan kemudian mencari mahasiswa asal Papua yang memilih kuliah di Undip. Mahasiswi Papua yang ditunjuk Puan diajak naik ke atas panggung acara.

Nama mahasiswi itu Antonietta alias Anet asal Manokwari. Gadis itu memilih jurusan teknik di Undip. Dia mengutamakan jurusan Teknik Perencanaan Tata Kota.

"Saya ingin belajar teknik tata kota sehingga bisa membangun tanah kelahiran saya di Papua," ujar mahasiswi hitam manis itu.

Mba Puan yang mendengar jawaban itu tercengang. Tak sangka anak Papua itu punya cita-cita yang luar biasa dan memilih jurusan yang termasuk sulit dipilih mahasiswa baru.

"Ini adalah calon perempuan hebat punya kemampuan dan mimpi untuk membangun Papua. Sudah menyiapkan masa depannya," seru Mba Puan.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah

Comment

Loading...