Hadiah Puan Maharani untuk Mahasiswa Perantau Papua

Minggu, 18 Agustus 2019 - 19:53 WIB

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani memberikan pengarahan dalam kegiatan Orientasi Diponegoro Muda (ODM) 2019 di Gelora Universitas Diponegoro (Undip), Tembalang, Semarang (18/8).

Kedatangan Puan itu disambut ribuan mahasiswa mahasiswi baru Undip yang sedang menjalani ospek tersebut.

Dalam pengarahannya, Puan berpesan agar para mahasiswa selalu mengedepankan Bhinneka Tunggal Ika dan toleransi antarsesama.

Cucu Bung Karno itu mengingatkan bahwa bangsa Indonesia, terdiri dari ribuan pulau, suku, dan budaya berbeda-beda sehingga harus tetap di jaga bersama.

“Keberagaman kita jaga. Pancasila kita implementasikan dalam kehidupan kita,” kata Puan bersemangat.

Puan kemudian mencari mahasiswa asal Papua yang memilih kuliah di Undip. Mahasiswi Papua yang ditunjuk Puan diajak naik ke atas panggung acara.

Nama mahasiswi itu Antonietta alias Anet asal Manokwari. Gadis itu memilih jurusan teknik di Undip. Dia mengutamakan jurusan Teknik Perencanaan Tata Kota.

“Saya ingin belajar teknik tata kota sehingga bisa membangun tanah kelahiran saya di Papua,” ujar mahasiswi hitam manis itu.

Mba Puan yang mendengar jawaban itu tercengang. Tak sangka anak Papua itu punya cita-cita yang luar biasa dan memilih jurusan yang termasuk sulit dipilih mahasiswa baru.

“Ini adalah calon perempuan hebat punya kemampuan dan mimpi untuk membangun Papua. Sudah menyiapkan masa depannya,” seru Mba Puan.

Dia juga meminta Anet menyanyi di atas panggung. Tak lama kemudian, Puan memberi kejutan hadiah gitar untuk Anet yang langsung disambut gadis itu dengan suka cita.

Ribuan mahasiswa mahasiswi baru Undip pun riuh berteriak meminta dipanggil putri Megawati Soekarnoputri tersebut agar bisa mendapat hadiah.

Babap Pertama, PSM Unggul 2-0 atas Persib Bandung

RUU PKS Mendesak Disahkan Guna Meminimalisasi Kekerasan Seksual

Tingkatkan Keterampilan, Mahasiswa IMM Digembleng Ilmu Jurnalistik

Warming Up Jelang Laga PSM Makassar vs Persib Bandung

SYL Serahkan Jabatan Ketua MP Pramuka ke NA

Puan kemudian memanggil empat anak lainnya dari Kalimantan Utara, Ambon, Sumatera Selatan, Medan.

Para muda mudi itu mendapat hadiah tablet dari Puan karena antusias bernyanyi dan menceritakan cita-cita mereka di atas panggung.

“Sekolah sungguh-sungguh hingga selesai, kembali ke daerah dan bangun daerah kalian masing-masing dengan pengetahuan yang kalian dapat di Undip,” tegas Puan.

Sebagaimana diketahui ODM 2019 adalah kegiatan tahunan dari Universitas Diponegoro untuk mahasiswa barunya sebelum menjalani masa perkuliahan.

Selain Puan Maharani, turut hadir pula Rektor Undip Yos Johan Utama, Ketua Ikatan Alumni Undip Maryono, Wali Kota Semarang Sumarmo Hadi Saputro dan Kepala Kanwil Kementerian Pertahanan Jawa Tengah Marsma TNI Latief Ainul Yaqin. (jpnn)

Loading...