Pelajar Papua Barat Diperkenalkan Karampuang

Minggu, 18 Agustus 2019 - 16:38 WIB

FAJAR.CO.ID, MAMUJU— Sinergi BUMN lewat Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 berpusat di Pulau Karampuang, Kabupaten Mamuju, Sulbar. Kegiatan yang melibatkan langsung pelajar asal Papua Barat itu bakal berlangsung hingga 25 Agustus.

Upaya ini merupakan bentuk untuk membangun kepedulian siswa terhadap negara. Terutama dalam memupuk kembali rasa cinta terhadap tanah air, serta mengedukasi siswa agar lebih mengenal lebih dalam kekayaan Budaya Nusantara.

Berlangsung selama 15 hari, kegiatan ini merupakan sinergi Holding PT Perkebunan Nusantara III (Persero) bersama Perum Perhutani, PT Kawasan Industri Makasar (KIMA), serta PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI).

Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 400 peserta yang terdiri dari perwakilan Kementerian BUMN, masing-masing perwakilan BUMN yang ada di Mamuju, Pemda, Polair, Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Papua Barat, dan masyarakat sekitar.

Direktur SDM dan Umum Holding Perkebunan Nusantara III (Persero), Seger Budiarjo mengatakan, kegiatan ini untuk mengedukasi siswa-siswi yang telah diseleksi oleh Dinas Pendidikan setempat untuk mendapatkan Ilmu Pengetahuan dan berbagai budaya daerah.

Dituding Menista Agama, UAS: Itu Video Bertahun-tahun Silam dalam Kajian Tertutup

Naikkan Tingkat Promo Kuliner, Sasar Segmen Keluarga

Bapenda Sulsel – Gojek Kerjasama Aplikasi Layanan Pajak

Tahun Depan, Iuran BPJS Kesehatan Warga Miskin Dipastikan Naik

Begini Semaraknya Perayaan HUT RI di Perumahan PWI

“Kami sangat senang untuk mengajak adik-adik kita untuk mengeksplore berbagai sisi budaya yang ada di Papua Barat maupun Mamuju, Sulawesi Barat. mereka juga mendapatkan ilmu pengetahuan yang bisa menjadi bahan pembelajaran di kehidupan sehari-hari.” ujar Seger Budiarjo.

Seger mengatakan Indonesia begitu luas, memiliki 17.504 pulau, 742 bahasa dan 1.340 suku. Hal tersebut merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang harus terus dilestarikan oleh Generasi Muda. Dalam program Siswa Mengenal Nusantara 2019, sejumlah 20 siswa berprestasi dan 3 siswa disabilitas diberangkatkan dari Sulawesi Barat ke Papua Barat, sebaliknya sejumlah 20 pelajar berprestasi Papua Barat yang diterima di Mamuju, Sulawesi Barat.

Pemerintah melalui Kementerian BUMN akan terus menambah jumlah BUMN yang terlibat, sehingga semakin banyak pelajar dan mahasiswa yang bisa berpartisipasi dalam program SMN ini. Saat ini ada 143 BUMN yang terlibat dalam program tersebut. (sal)

Loading...