Daun Sirsak Campur Madu, Ini 6 Khasiatnya

FAJAR.CO.ID-- Daun sirsak menjadi salah satu tananam yang dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Pasalnya, daun sirsak diperkaya dengan kandungan alkaloid, asetogenin, antioksidan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, zat besi, kalium, asam gentisat, dan anonol di dalamnya.

Salah satu cara mendapatkan manfaat daun sirsak adalah dengan merebusnya. Dijadikan minuman layaknya teh, Anda hanya perlu menyiapkan daun sirsak segar dan madu.

Pertama, didihkan air sekitar 2 cangkir. Lalu masukkan 5-8 lembar daun sirsak dan biarkan selama 15 menit. Angkat dan saring ke dalam cangkir. Tambahkan pemanis secukupnya dan nikmatilah.

Lalu, apa saja sih manfaatnya? Dilansir dari Organic Facts, Senin (19/8), setidaknya ada 7 manfaat dari daun sirsak.

1. Potensi Anti-Kanker

Kehadiran acetogenins, kelompok antibiotik kuat yang ditemukan di sirsak, memberikannya sifat anti-kanker. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Cheryl E. Green, Sheridan L. Hibbert Lawrence AD ​​Williams, dkk, Unit Produk Alami Divisi Penelitian dan Pengembangan Produk, Dewan Riset Ilmiah Hope Gardens, Jamaika, Hindia Barat, senyawa asam yang anti kanker, melindungi sel-sel yang sehat sebagai pendamping kemoterapi. Sebab pengaruh kemoterapi biasanya disertai dengan rambut rontok, mual, dan penurunan berat badan. Dalam studi lain yang diterbitkan oleh sekelompok peneliti Malaysia di BMC Complementary and Alternative Medicine, ekstrak sirsak memiliki potensi untuk menurunkan ukuran tumor dan secara signifikan meningkatkan kekebalan tubuh.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...