Enrekang Diguncang Gempa 4,4 Skala Richter

Senin, 19 Agustus 2019 - 21:46 WIB

FAJAR.CO.ID,ENREKANG–Gempa berkekuatan 4,4 Skala Richter ( SR) mengguncang Kabupaten Enrekang siang sekitar Pukul 14.55 waktu setempat, Senin (19/8/2019).

Goncangan yang datang secara tiba – tiba ini membuat masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Goncangan tersebut juga dirasakan oleh Seluruh Petugas dan Warga Binaan Rutan kelas II B Enrekang.

Salah satunya Kasubid Pengelolaan Rutan Enrekang Farida yang langsung berlari menuju lapangan saat dia merasakan goncangan.

”Saya takut sekali, makannya waktu saya rasakan getaran yang semakin kuat saya langsung lari ke lapangan”. kata Farida.

Bukan hanya Farida, Pegawai Rutan dan WBP juga ikut panik. Saking paniknya beberapa Napi perempuan berteriak sambil mengucapkan Allahu Akbar.

Meski tak ada lagi gataran, namun masyarakat disekitar kota Enrekang tetap waspada. Mereka takut masih ada gempa susulan yang lebih keras.

Getaran gempa yang berpusat di 3.51 lintang selatan, 119.69 bujur Timur 9 KM Barat Laut Enrekang dengan kedalaman episentrum gempa 10 km di bawah permukaan laut.

Saat gempa terjadi, Karutan Tubagus M Chaidir sedang menerima tamu dari PKBM Melati. Tubagus juga merasakan getaran, namun Dia mengira yang gempa itu sekitar Tana Toraja.

Namun, merasakan getaran hingga lari ke luar dan ia pun sempat panik karena getaran gempanya cukup terasa kencang

” Kita lagi asyik ngobrol membahas program pendidikan dengan Karutan Saat ada goncangan. Sangat terasa dan
sempat panik. Tapi kemudian tenang lagi saat goncangan reda”. Kata Pimpinan PKBM Melati, Suhartin Lukman.

Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 14.57 Wib, gempa dengan skala MMI III, itu artinya gempa dinyatakan berkekuatan lemah dan tidak berpotensi merusak.

BMKG Pusat mengatakan Lokasi gempa berada di koordinat 3,51 Lintang Selatan dan 119,69 Bujur Timur.Pusat gempa berada di darat, 9 Km Barat Laut Enrekang dengan kedalaman 10 Km. (upeks)

Loading...