Ketum IGI: Pemerintah Berhenti Pura-pura Berpihak Pendidikan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketum IGI (Ikatan Guru Indonesia), Muhammad Ramli Rahim mengkritisi anggaran pendidikan dalam RAPBN 2020 yang menyentuh angka Rp505,8 triliun. Anggaran pendidikan 20 persen dari APBN yang konon sesuai amanat Konstitusi itu sudah terlaksana sejak pemerintahan SBY.

“Tahun anggaran 2009 pemerintah mengalokasikan Rp224 triliun. Kini pada RAPBN 2020 nilainya Rp505,8 triliun atau naik 127 persen. Namun ada dua hal yang kami anggap kurang pas dalam memenuhi angka 20 persen anggaran pendidikan,” kata Ramli dalam keterangannya, Minggu (18/8).

Pertama, angka-angka anggaran pendidikan dalam APBN belum sesuai dengan amanat UU Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional), yang menyebut bahwa dana pendidikan 20 persen APBN adalah di luar gaji pendidik dan biaya pendidikan kedinasan.

“Sampai saat ini dana pendidikan yang dimaksud pemerintah masih memasukkan gaji serta pendidikan kedinasan,” ujarnya.

Kedua, efektivitas pengalokasian dan pemanfaatan anggaran dipertanyakan mengingat Kemendikbud selama ini hanya mengelola 10 persen dari anggaran pendidikan (2% dari APBN) dan sisanya tersebar di kementerian lain serta transfer ke daerah.

Sebagai contoh, pada APBN 2018, alokasi anggaran fungsi pendidikan mencapai Rp440,9 triliun. Dari jumlah tersebut, Kemendikbud yang bertanggung jawab terhadap pendidikan dasar dan menengah hanya mengelola Rp40 triliun (9,1%), lebih kecil dibanding Kementerian Agama (Rp52,7 triliun) dan Kemristekdikti (Rp40,4 triliun).

“Apakah kenaikan anggaran pendidikan tersebut bakal mampu mewujudkan target pemerintah yakni menciptakan pendidikan dan pelatihan sesuai dengan kebutuhan industri, mencetak calon-calon pemikir, penemu, dan entrepreneur hebat di masa depan? Atau sebaliknya kinerja bidang pendidikan berjalan seperti biasa alias tidak ada perubahan signifikan?,” tuturnya.

Menurut Ramli, tidak ada gunanya kenaikan dalam angka-angka jika tak digunakan efektif untuk pendidikan. Pemerintah selama ini terlalu hanyak bermain-main dengan angka-angka, tak sepenuhnya serius mengurusi pendidikan.

“Kalau boleh disebut, pemerintah hanya mengelabui masyarakat dan tentu saja mengelabui diri sendiri. Apa gunanya anggaran pendidikan besar jika masih ada guru digaji Rp50 ribu per bulan?,” kritik Ramli.

“Apa gunanya anggaran pendidikan besar jika guru-guru didominasi guru honorer yang pendapatannya di bawah Upah Minimum Regional. Apa gunanya anggaran pendidikan besar jika fasilitas pendidikan seadanya?,” sambungnya.

KSHUMI Bilang Seperti Ini Soal UAS Dilapor ke Polda NTT

Walhi Kalsel Was-was dengan Bisnis Akar Bajakah

Kerusuhan di Manokwari, Pembakaran Gedung DPRD Papua Barat Hingga Blokade Jalan

Pengayaan Uranium, Iran Kenalkan Sentrifugal Super Canggih

Militer India Tangkapi 4.000 Warga Kashmir

Apa gunanya juga, kata Ramli, bila anggaran pendidikan besar jika gedung-gedung sekolah tak maksimal dibenahi?

Apa gunanya anggaran pendidikan besar jika bahan ajar dan alat peraga pendidikan saja tak bisa dibenahi

“Jadi sebaiknya pemerintah berhenti berpura-pura berpihak pada pendidikan tapi dananya disebar ke mana-mana,” ucapnya.

Ramli menegaskan, masalah utama pendidikan kita ada di pendidikan dasar. Namun, di sanalah kerusakan paling parah, guru honorer paling banyak, alat peraga pendidikan dan fasilitas pendidikan seadanya.

SMA, SMK, MA dan Pendidikan Tinggi akan lebih mudah dibenahi jika pendidikan dasar kita baik.

Menurut Ketum IGI hal paling utama dan paling serius dibenahi adalah pendidikan dasar yaitu SD dan SMP. Tenaga pendidiknya harus guru-guru terbaik dengan pendapatan yang cukup.

Fasilitasnya harus fasilitas terbaik dan kurikulumnya mesti diubah lebih fokus pada pengusaan ilmu-ilmu kebutuhan dasar seperti matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan pendidikan karakter.

“Anggaran-anggaran pendidikan harusnya fokus ke pendidikan, cukuplah disalurkan ke Kemendikbud, Kemenristek Dikti dan Kemenag saja dari angka 20 persen tersebut,” pungkasnya. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...