Panitia HUT RI Mengaku Lalai Tak Undang Veteran

Senin, 19 Agustus 2019 - 08:38 WIB

FAJAR.CO.ID, MAMUJU – Panitia HUT RI (Hari Ulang Tahun) ke-74 Tahun Kemerdekaan RI mengaku lalai tidak mengundang veteran ke upacara detik-detik peringatan proklamasi, Sabtu, 17 Agustus. Mereka memutuskan untuk mengunjungi sekretariat bekas pejuang ini di Jl Abdul Malik, Mamuju.

Kunjungan itu dipimpin Ketua Panitia HUT 74 RI, Muhammad Hamzih untuk bersilaturahmi, sekaligus menjelaskan kepada Veteran bahwa hal itu bukanlah kesengajaan. “Saya mewakili kepanitian memohon maaf, dan ini tidak boleh terulang lagi,” katanya.

Kedatangan panitia ini disambut oleh para veteran dengan isak tangis. Bagaimana tidak, sebelumnya mereka merasa sudah dilupakan oleh pemerintah.

Hamzih mengatakan, tidak diundangnya para Veteran pada upacara 17 Agustus itu di luar sepengetahuannya. Bahkan pihaknya sudah menyiapkan 100 kursi untuk Veteran, belakangan diketahui, veteran tidak menerima undangan.

Hal itu pun disayangkan Hamzih, menurutnya itu kesalahan dan kelalaian, dan bagaimanapun di selaku ketua panitia harus beratanggung jawab. “Ini kelalaian, dan tidak ada maksud sengaja tidak mengundang Veteran. Kemarin saya sempat lihat kan sudah disediakan itu kursi, pas saya buka medsos, baru saya tahu kalau tidak ada undangan,” jelas Hamzih.

Hamzih mengaku, dirinya selalu mengingatkan kepada panitia agar memperhatikan Veteran. Kehadiran veteran adalah hal mutlak. Olehnya, dua hari sebelum upacara, tepatnya pada saat acara penyerahan penghargaan kepada para Veteran, 15 Agustus di Lantai IV Kantor Gubernur Sulbar, dia lebih awal menyampaikan secara lisan memohon kehadiran Veteran hadir pada acara malam renungan suci dan upacara HUT ke 74 Tahun Proklamasi Kemerdekaan.

Ismeth Abdullah Siap Bertarung di Pilgub 2020

Video Ustaz Abdul Somad, Begini 5 Poin Seruan MUI

Habiburahman Ingin Dunia Tahu Seperti Apa Rasanya Jadi Rohingya

Warga Rohingya Siap-siap Dipulangkan dari Bangladesh

KM Mina Sejati Dibajak, Ini Pemicu yang Diungkap Polda Maluku

“Tetap diundang, mereka mungkin fokusnya pada penerimaan penghargaan, (padahal) inklude di situ undangannya. Juga disampaikan di situ untuk hadir pada hari H (upacara 17 Agustus). Jadi kesalahaman saja, tetapi kalau itu sebuah kesalahan, maka itu kesalahan kami selaku panitia,” ujarnya.

Pertemuan yang berlangsung di teras rumah itu, Hamzih juga meminta masukan dari para veteran yang hadir agar pelaksanaan dan setiap kegiatan pemprov ke depan bisa berbuat lebih baik.

Ketua Legiun Veteran RI (LVRI) Mamuju, Rafiuddin menerima permohonan maaf dari Pemprov Sulbar. Dia pun sudah menerima penjelasan dari ketua panitia HUT Kemerdekaan RI ke 74.

“Itu bukan disengaja dan itu unsur kekeliruan dari pada panitia pelaksana. Dan tadi ini sudah meminta maaf kepada kami yang hadir. Saya bilang tidak ada masalah, yang namanya kita manusia biasa selalu ada kekeliruan,” katanya. (rul)

loading...