Pengayaan Uranium, Iran Kenalkan Sentrifugal Super Canggih

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, TEHERAN– Republik Islam Iran berencana memperkenalkan sentrifugal pengayaan uranium generasi baru. Ini diungkap anggota parlemen Iran kepada media lokal pada hari Minggu, 18 Agustus.

Sentrifugal IR-8 diklaim 20 kali lebih kuat dari peralatan generasi pertama yang digunakan Iran untuk pengayaan uranium.

Dilansir Iranian, Senin, 19 Agustus, Hamid Reza Hajibabaee mengutip Kepala Organisasi Energi Atom Iran, Ali Akbar Salehi mengatakan kepada anggota parlemen bahwa Iran telah memproduksi IR-6 dan IR-7 sejauh ini, tetapi sekarang berencana untuk memproduksi IR-8.

Tetapi tidak jelas berapa banyak IR-8 dan sentrifugal yang direncanakan Iran untuk dikerahkan pada akhirnya, mengingat keterbatasan yang diberlakukan oleh perjanjian nuklir 2015.

Salehi mengatakan bahwa sejauh ini mereka telah mengumpulkan 20 sentrifugal IR-8.

Organisasi itu mengatakan pada 2016 bahwa mereka telah mulai menguji IR-8, dengan menyuntikkan UF6 atau Uranium Hexafloride.

Pada hari Sabtu, anggota parlemen Iran lainnya, Ebrahim Rezaee mengatakan bahwa menggunakan sentrifugal Ir-6 dan IR-8 adalah bagian dari langkah ketiga Iran dalam mengurangi komitmennya terhadap perjanjian nuklir 2015 dengan Barat. Dia mengatakan bahwa dua sentrifugal generasi baru siap untuk dioperasikan.

Militer India Tangkapi 4.000 Warga Kashmir

Bocah 4 Tahun Tewas Mengenaskan Ditimpa Truk Tambang

Aaliyah Massaid Deg-degan Kibarkan Bendera di Akuarium

Gisella Anastasia Iri Hati dengan Mantan Suaminya

Presenter Raffi Ahmad Jalani Terapi Akupuntur

Iran mengumumkan pada bulan Mei, pada hari peringatan penarikan AS dari perjanjian nuklir, bahwa mereka akan mengurangi sebagian dari komitmennya berdasarkan perjanjian tersebut setiap 60 hari.

Sejauh ini, dalam dua langkah pertama Iran telah melampaui pengayaan 3,67 persen dan tumpukan 300 kilogram Uranium yang diperkaya.

Sebelumnya Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengatakan bahwa Iran telah memasang hingga 33 sentrifugal IR-6, tetapi telah menyuntikkan UF6 hanya sepuluh mesin.

Diplomat Eropa mengatakan kepada Reuters bahwa tunjangan Iran untuk menggunakan hanya beberapa sentrifugal generasi baru ini, adalah wilayah abu-abu dari perjanjian nuklir yang juga disebut Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

Nasib perjanjian nuklir Iran dengan Barat sendiri hingga saat ini makin tidak jelas. Itu setelah Amerika Serikat ditunding ingkar dengan komitmennya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...