Biji Rami Dikonsumsi, Ini 4 Efek Samping yang Kronis

1 Komentar

FAJAR.CO.ID– Biji rami adalah salah satu jenis biji-bijian utuh yang sering dijadikan tepung untuk mengolah makanan. Konsumsi biji rami yang berlebihan bisa menyebabkan kembung, gas, sakit perut, dan mual. Ada juga beberapa masalah kronis yang terkait dengan asupan biji rami.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Minggu (18/8).

1. Menyebabkan Reaksi Alergi

Seperti kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya, rami dan minyak rami juga bisa bertindak sebagai alergen. Beberapa orang mengalami ruam kulit dan sembelit parah setelah menelan biji-bijian ini. Anafilaksis adalah risiko lain yang terkait dengan asupan biji ini. Anda mungkin melihat pembengkakan pada wajah (edema wajah) dalam beberapa kasus.

2. Meningkatkan Pendarahan

Biji rami memiliki kadar asam lemak omega-3 yang tinggi. Asam lemak ini sangat penting untuk berfungsinya otak, jantung, dan tubuh. Asam lemak omega-3 diketahui memperlambat pembekuan darah dan meningkatkan pendarahan. Mereka menghambat agregasi trombosit darah.

Jangan mengonsumsi Aspirin, Coumadin, atau obat-obatan herbal seperti Ginkgo biloba bersama dengan biji-bijian ini. Obat-obatan mungkin berinteraksi dengan asam lemak dan memperpanjang waktu perdarahan dan kehilangan darah.

Caleg Incumbent DPRD Makassar Dapil II yang Terpilih Kembali Mendadak Bertemu

Laudya Cynthia Bella Pernah Diberi Cincin oleh Raffi Ahmad

Citra Kirana Mantap Menutup Aurat, Ini Alasannya

Rusuh Manokwari, Begini Seruan Prabowo pada Anak Buah

Zakir Naik Minta Maaf Setelah Buat Pernyataan Rasial

3. Menyebabkan Kelebihan Serat Dan Sembelit

Sekitar 21 persen dari rami adalah serat makanan. Mengonsumsi biji ini secara tiba-tiba bisa meningkatkan beban serat dalam tubuh Anda. Terlalu banyak serat bisa menyumbat perut dan usus. Anda mungkin mengalami sakit perut, kram, dan bahkan sembelit dalam kasus seperti itu.

4. Toksisitas Sianida

Biji rami memiliki jejak senyawa sianida. Masalah muncul ketika Anda makan rami mentah dalam jumlah besar. Karena rami mentah memiliki residu sianida berbahaya yang masih utuh, maka hal ini bisa menyebabkan keracunan sianida. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID