Jaringan Disdukcapil Putus, Warga Resah Urus Dokumen

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kondisi terputusnya jaringan internet di Disdukcapil Makassar mulai meresahkan warga. Banyak yang terpaksa gigit jari sebab tidak terlayani.

Kondisi pelayanan di Disdukcapil Makassar Selasa, 20 Agustus pagi tidak seramai biasanya. Hanya ada sekitar tujuh orang yang duduk di depan kursi panjang yang dijejerkan di depan loker antrian. Padahal di hari biasanya puluhan orang akan duduk dan bahkan ada yang berdiri mengantri.

Banyak diantara mereka yang gelisah. Harapan untuk segera menyelesaikan dokumen tidak kunjung selesai. Bahkan ada yang hanya 10 menit duduk dan langsung pulang setelah mengetahui jaringan terputus.

Irmawati, salah seorang warga yang ingin mengurus kartu keluarga mengaku sangat kecewa dengan layanan yang offline ini.

Kartu kelurga tersebut bertanda tangan barcode. Sehingga pengurusan dokumen harus dilakukan via daring.

Ia mengaku sudah dua minggu menunggu untuk menyelesaiakan kartu keluarga, tetapi malah berujung tidak jelas.

Warga Kecamatan Mariso ini mengaku mencurigai masalah jaringan offline bukan murni karena jaringan bermasalah, tetapi ada kisruh di tingkat pimpinan atau dinas.

“Kalau jaringan offline, biasanya itu hanya 2-3 hari. Kalau sudah berminggu-minggu bahkan katanya sampai puluhan hari kedepan baru bisa pulih, ini pasti masalahnya berbeda,” jelasnya.

Terkait dampak jaringan yang terputus ini, Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Nielma Palamba belum mau bicara panjang. Ia menjelaskan terkait alasan spesifiknya nanti dari Kementerian Dalam Negeri yang berkompeten memberikan komentar.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...