Kolesterol Tinggi, Makan Timun, Terong, Tahu dan Tempe Saja

FAJAR.CO.ID-- Hasil riset menunjukkan bahwa lebih dari 60 persen penduduk usia dewasa di Indonesia mengalami kolesterol tinggi. Itu mengapa sebagian dari mereka lantas memutuskan untuk mengonsumsi obat kolesterol tinggi.

Meski sering tidak bergejala, kondisi yang dikenal sebagai silent killer ini bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke jika dibiarkan terjadi secara jangka panjang.

Perlu Anda tahu bahwa seseorang dikatakan mengalami kolesterol tinggi saat dirinya bersinggungan dengan parameter berikut ini:

Kadar kolesterol jahat (low density cholesterol atau LDL) di atas 100 mg/dL Kadar kolesterol total di atas 200 mg/dL Kadar trigliserida di atas 150 mg/dL.

Untuk mengetahuinya, Anda perlu melakukan pemeriksaan kolesterol lengkap ke klinik terdekat. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Anda mengalami kolesterol tinggi, jangan dulu khawatir berlebihan, apalagi memutuskan untuk minum obat penurun kolesterol tanpa instruksi dari dokter.

Lantas, harus bagaimana agar kolesterol tinggi bisa dikendalikan? Makan! Fakta membuktikan bahwa beberapa makanan dapat secara alami menjadi 'obat' penurun kolesterol tinggi. Dengan mengonsumsi makanan-makanan ini secara rutin, teratur dan pada porsi yang tepat, kadar kolesterol tinggi Anda bisa turun ke rentang normal.

Makanan untuk obati kolesterol tinggi

Beberapa makanan yang secara alami dapat menjadi obat kolesterol tinggi adalah sebagai berikut:

1. Timun

Selain rasanya yang segar dan kaya akan kandungan cairan, timun (atau mentimun) punya manfaat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi. Hal ini karena timun sangat kaya akan serat, sehingga dapat membantu meluruhkan lemak jahat di saluran pencernaan. Selain itu, mentimun juga kaya akan kandungan kalium dan magnesium yang dapat membantu mencegah penyakit darah tinggi alias hipertensi.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...