ACC Minta Polda Ambil Alih Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Buku PAUD Disdik Bone

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, WATAMPONE –Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi meminta agar penganan kasus dugaan korupsi pengadaan buku PAUD Disdik Bone yang ditangani penyidik Polres Bone diambil alih penanganannya oleh Polda Sulsel. Pasalnya, kasus tersebut sudah tahap penyidikan namun belum menetapkan tersangka.

Peneliti Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi, Anggareksa menilai, kalau kasusnya sudah tahap penyidikan artinya sudah memiliki minimal dua alat bukti. Seharusnya polres segera menetapkan tersangka dalam kasus itu.

Perhitungan kerugian negara oleh BPKP, beber Anggareksa, hanyalah untuk menambah alat bukti penyidik terkait angka kerugian negaranya. “Saya kira menunggu audit kerugian negara BPKP tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak menetapkan tersangka dalam kasus tersebut, toh sudah jelas ada kerugian negara, hanya tinggal jumlah pastinya yang perlu dihitung,” katanya Rabu (21/8/2019).

BACA JUGA: Polda Sulsel Atensi Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Buku PAUD Bone

Angga sapaan karibnya menuturkan, siapa pun yang terlibat tindak pidana korupsi harus diproses. Hukum tidak boleh tumpul ke atas dan tajam ke bawah. Polres harus menegakkan equality before the law, semua sama di mata hukum. Polda pun harus melakukan campur tangan terhadap kasus ini agar bisa cepat selesai.

“Polda harus melakukan supervisi dan pengawasan terhadap kasus ini, agar polres lebih profesional dan penanganan kasus ini tidak berlarut-larut,” bebernya.

Sekadar diketahui, kasus tersebut telah merugikan negara sebesar Rp4,9 miliar. Berdasakan informasi, polisi sudah memeriksa 515 saksi. Termasuk Kepala Bidang Paud dan Dikmas Disdik Kabupaten Bone, Erniati yang juga merupakan istri Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle. (gun)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...